Hewan Darat Terbesar, Bagaimana Dinosaurus Menopang Tubuh Raksasanya?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Impresi seniman dari Brontosaurus. (Natural History Museum)

Nationalgeographic.co.id—Dinosaurus sauropoda adalah hewan darat terbesar yang diketahui. Mereka menjelajahi bumi selama lebih dari 100 juta tahun. Tapi bagaimana dinosaurus sauropoda seperti Brontosaurus dan Diplodocus menopang tubuh raksasanya, telah menjadi misteri.

Tapi sekarang, para ilmuwan yang dipimpin University of Queensland dan Monash University telah memecahkan misteri abadi tersebut. Tim menggunakan pemodelan 3D dan metode rekayasa untuk merekonstruksi dan menguji fungsi tulang kaki dinosaurus sauropoda yang berbeda secara digital.

Laporan studi ini telah diterbitkan di Science Advance dengan judul "Softening the steps to gigantism in sauropod dinosaurs through the evolution of a pedal pad" baru-baru ini. Publikasi tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang dapat diperoleh secara daring.

Andréas Jannel melakukan penelitian selama studi PhD di UQ's Dinosaur Lab dan mengatakan tim menemukan bahwa kaki belakang sauropoda memiliki bantalan jaringan lunak di bawah tumit. Bantalan kaki itu berfungsi untuk menyerap berat badan mereka yang sangat besar.

"Kami akhirnya mengkonfirmasi ide yang telah lama dicurigai dan kami memberikan, untuk pertama kalinya, bukti biomekanik bahwa bantalan jaringan lunak - terutama di kaki belakang mereka - akan memainkan peran penting dalam mengurangi tekanan alat gerak dan tekanan tulang, " kata Jannel.

"Sungguh menakjubkan membayangkan bahwa makhluk raksasa ini mampu menopang berat badan mereka sendiri di darat."

Mereka pertama kali dianggap semi-akuatik dengan daya apung air yang menopang beratnya yang sangat besar. Tapi teori itu dibantah oleh penemuan jejak sauropoda di endapan terestrial pada pertengahan abad kedua puluh.

Olga Panagiotopoulou dari Monash University mengatakan bahwa sauropoda juga dianggap memiliki kaki yang mirip dengan gajah modern.

"Budaya populer, pikirkan Jurassic Park atau Walking with Dinosaurs, sering menggambarkan raksasa ini dengan kaki hampir silinder, tebal, seperti gajah," kata Panagiotopoulou.

"Tetapi ketika sampai pada struktur kerangka mereka, gajah sebenarnya 'berjari-jari' pada keempat kakinya, sedangkan sauropoda memiliki konfigurasi kaki yang berbeda di kaki depan dan belakang mereka."

Pemodelan komputer menunjukkan kaki sauropoda memiliki bantalan jaringan lunak. (Andreas Jannel)

"Kaki depan Sauropoda lebih seperti kolumnar, sementara mereka menghadirkan lebih banyak 'bantalan tumit' di bagian belakang yang didukung oleh bantalan jaringan lunak yang besar."