Selidik Gading Mamut Berbulu Sepanjang 2 Meter Berusia 17.000 tahun

By Ricky Jenihansen, Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Foto posisi gading mamut berbulu di pemindai. (Eppenberger et al.)
 
Nationalgeographic.co.id—Para peneliti di Swiss telah berhasil menangkap citra CT dari gading mamut berbulu (Mammuthus primigenius) berusia 17.000 tahun. Gading mamut yang memiliki panjang mencapai 2 meter ini berasal dari Swiss tengah.

Gading ini digali oleh kantor warisan dan arkeologi Canton Zug. Gadingnya memiliki panjang total 206 cm—hampir 7 kaki.

Gading ini memiliki diameter basal 16 cm (lebih dari 6 inci). Diameter total objek dengan mempertimbangkan kelengkungan heliks, atau spiralnya—adalah 80 cm, atau lebih dari 2,5 kaki.

Pemindaian seperti ini adalah pertama kalinya dilakukam. Para peneliti dapat melakukan pemindaian penuh gading secara keseluruhan menggunakan pemindai CT klinis yang lebih baru.

Teknologi baru memungkinkan pencitraan skala besar tanpa harus melakukan beberapa pemindaian parsial. Para peneliti bekerja sama dengan Institute of Evolutionary Medicine, University of Zurich, menangkap gambar yang jelas dari seluruh interior gading.

"Bekerja dengan fosil berharga adalah sebuah tantangan karena penting untuk tidak menghancurkan atau membahayakan spesimen," kata penulis senior studi ini, Tilo Niemann, MD, kepala CT dan radiologi jantung dan toraks di Departemen Radiologi di Kantonsspital Baden di Baden, Swiss dalam rilis Radiological Society of North America.

"Bahkan jika ada berbagai teknik pencitraan untuk mengevaluasi struktur internal, tidak mungkin untuk memindai seluruh gading secara keseluruhan tanpa perlu fragmentasi atau setidaknya harus melakukan beberapa pemindaian yang kemudian harus dirakit dengan susah payah."

Untuk diketahui, Mammoth berbulu adalah spesies mamalia punah yang termasuk dalam ordo Proboscidea. Itu mendiami wilayah yang luas di belahan bumi utara, terutama Eurasia, dari sekitar 700,00 hingga 4,000 tahun yang lalu.

Mammoth berbulu ditutupi bulu dan memiliki telinga kecil dan ekor kecil untuk meredakan radang dingin. Mereka juga memiliki gading yang mereka gunakan untuk mengikis kulit pohon, menggali tanah untuk mendapatkan makanan dan berkelahi.

Mamuth berbulu yang telah punah ini, berukuran sebesar gajah Afrika modern dan hidup di seluruh Eurasia dan Amerika Utara. Sebagian besar mamut berbulu punah dengan berakhirnya Zaman Es terakhir.

Rekonstruksi gading mamut berbulu berusia 17.000 tahun (Eppenberger et al.)

Sementara, spesimen terakhir yang diketahui, hidup sekitar 6.000 tahun yang lalu. Mereka termasuk dalam ordo Proboscidea, yang mencakup gajah masa kini serta mamut, mastodon, dan gomphotheres yang telah punah lainnya.

"Gading belalai memungkinkan penentuan usia individu dan identifikasi kejadian yang mengubah hidup tertentu berdasarkan analisis pertumbuhan tahunan," kata Niemann.

Niemann menjelaskan, gading sebagian besar terdiri dari dua jenis bahan, yaitu sementum, zat seperti tulang, dan dentin, yang terletak di bawah sementum dan menyumbang sebagian besar massa gading.