Spesies Baru Dinosaurus Leher Panjang Diidentifikasi di Kolombia

By Ricky Jenihansen, Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Impresi seniman dinosaurus sauropoda yang dikejar oleh dua dinosaurus karnivora. (Lida Xing)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontolog telah mendeskripsikan genus dan spesies baru dinosaurus leher panjang di Kolombia. Dinosaurus sauropoda ini berukuran sedang dideskripsikan dari fosil tulang belakang (vertebra) tunggal yang ditemukan di Department Cesar, Kolombia timur laut.

Spesies dinosaurus yang baru diidentifikasi ini, hidup di hutan dataran rendah tropis yang sekarang disebut Kolombia selama periode Jura. Mereka menghuni wilayah tersebut sekitar 175 juta tahun yang lalu.

Deskripsi lengkap studi ini telah diterbitkan di Journal of Vertebrate Paleontology dengan judul "A sauropod from the Lower Jurassic La Quinta formation (Dept. Cesar, Colombia) and the initial diversification of eusauropods at low latitudes."

"Sebagian besar penemuan dinosaurus di Amerika Selatan berasal dari batuan dari periode Cretaceous atau zaman kapur yang terletak di Argentina dan Brasil," kata Profesor Aldo Rincón Burbano dan rekan dari Universidad del Norte.

"Dinosaurus dari bagian utara Amerika Selatan jauh lebih jarang, terutama selama periode Jura dan Trias, selama radiasi awal dinosaurus, ketika daratan masih saling berhubungan secara substansial.'

Spesies yang baru ditemukan ini dinamakan Perijasaurus lapaz. Spesies baru ini milik Eusauropoda, kelompok turunan dari dinosaurus herbivora berkaki empat dengan leher panjang.

"Genus dan spesies baru di paleotropis ini memungkinkan kita untuk memahami lebih banyak tentang asal usul sauropoda di Jura, serta bagaimana mereka mengatur periode untuk sauropoda akhir dari zaman Kapur," kata Profesor Burbano.

Pemandangan panorama Serranía del Perijá di Kolombia, tempat ditemukannya vertebra pada tahun 1943. (Jeff Wilson Mantilla)

Fosil itu pertama kali ditemukan pada tahun 1943 selama kampanye pemetaan geologi oleh Perusahaan Minyak Tropis. Spesimen dibawa ke koleksi University of California, Berkeley, dan dideskripsikan sebelumnya pada tahun 1955.

Kurator paleontologi Michigan University dan profesor Jeff Wilson Mantilla memeriksa spesimen tersebut sebagai mahasiswa pascasarjana pada tahun 1997. Mereka kemudian mengembangkan sebuah proyek yang didukung oleh Fulbright Foundation untuk mempelajari evolusi sauropoda awal di Kolombia.

Fosil tulang belakang yang ditemukan berukuran tinggi sekitar 55 cm dan lebar 45 cm. Fosil spesies ini ditemukan dalam paparan Formasi La Quinta.

 Baca Juga: Jejak Kaki Dinosaurus 100 Juta Tahun Terlihat di Bawah Meja Restoran