Petunjuk tentang Asal-usul Satelit Alami Planet Bumi Ditemukan

By Wawan Setiawan, Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ada beberapa teori tentang asal usul bulan. Penemuan gas mulia di meteorit bulan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memahami asal-usulnya. (Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id - Bulan adalah satelit alami planet Bumi. Umat manusia telah mempertahankan daya tarik abadi dengan Bulan. Namun, baru pada masa Galileo, para ilmuwan benar-benar mulai mempelajarinya.

Selama hampir lima abad, para peneliti mengajukan banyak teori yang diperdebatkan tentang bagaimana Bulan terbentuk. Kini ahli geokimia, kosmokimia, dan petrologis di ETH Zurich menjelaskan kisah asal usul Bulan.

Dalam sebuah penelitian yang baru saja diterbitkan dalam jurnal Science Advances pada 10 Agustus kemarin. Tim peneliti melaporkan temuan yang menunjukkan bahwa Bulan mewarisi gas mulia helium dan neon asli dari mantel Bumi. Temuan ini mereka jelaskan dalam makalah yang berjudul "Indigenous noble gases in the Moon’s interior."

Penemuan ini menambah kendala yang sudah kuat pada teori "Dampak Raksasa" yang saat ini disukai dan menghipotesiskan Bulan dibentuk oleh tabrakan besar-besaran antara Bumi dan benda langit lainnya.

Selama penelitian doktoralnya di ETH Zurich, Patrizia Will menganalisis enam sampel meteorit bulan dari koleksi Antarktika, yang diperoleh dari NASA. Meteorit terdiri dari batuan basal yang terbentuk ketika magma keluar dari bagian dalam Bulan dan mendingin dengan cepat. Mereka tetap tertutup oleh lapisan basal tambahan setelah pembentukannya. Sehingga melindungi batu dari sinar kosmis dan, khususnya, angin matahari.

Bagian tipis dari Lunar Mare Basalt yang mengandung gas mulia asli (sampel LAP 02436). Jenis gambar: mikroskop optik, cahaya terpolarisasi silang. (ETH Zurich / Patrizia Will)

Proses pendinginan menghasilkan pembentukan partikel kaca bulan di antara mineral lain yang ditemukan di magma. Will dan tim menemukan bahwa partikel kaca mempertahankan sidik jari kimia (tanda isotop) dari gas matahari yaitu helium dan neon dari interior Bulan. Temuan mereka sangat mendukung bahwa Bulan mewarisi gas mulia asli Bumi.

"Menemukan gas matahari, untuk pertama kalinya, dalam bahan basaltik dari Bulan yang tidak terkait dengan paparan apa pun di permukaan bulan adalah hasil yang sangat menarik," kata Will.

Tanpa perlindungan atmosfer, asteroid terus-menerus melempari permukaan Bulan. Kemungkinan membutuhkan dampak energi tinggi. Energi inilah yang mengeluarkan meteorit dari lapisan tengah aliran lava yang mirip dengan dataran luas yang dikenal sebagai Lunar Mare. Akhirnya pecahan batu itu sampai ke Bumi dalam bentuk meteorit. Banyak dari sampel meteorit ini diambil di gurun Afrika Utara atau, dalam hal ini, "gurun dingin" Antarktika di mana mereka lebih mudah dikenali di lanskap.

Di Laboratorium Gas Mulia di ETH Zurich terdapat spektrometer massa gas mulia canggih bernama "Tom Dooley". Instrumen yang mendapatkan namanya, ketika peneliti sebelumnya, pada satu titik menggantung peralatan yang sangat sensitif dari langit-langit laboratorium untuk menghindari gangguan dari getaran kehidupan sehari-hari. Menggunakan instrumen Tom Dooley, tim peneliti mampu mengukur partikel kaca sub-milimeter dari meteorit. Mengesampingkan angin matahari sebagai sumber gas yang terdeteksi. Helium dan neon yang mereka deteksi berada dalam kelimpahan yang jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Bagian tipis sampel NASA, LAP 02436, Lunar Mare Basalt mengandung gas mulia asli. Jenis gambar: mikroskop optik, cahaya terpolarisasi silang. (ETH Zurich / Patrizia Will)

Tom Dooley sangat sensitif sehingga sebenarnya merupakan satu-satunya instrumen di dunia yang mampu mendeteksi konsentrasi helium dan neon yang minimal. Itu digunakan untuk mendeteksi gas mulia ini dalam butiran berusia 7 miliar tahun di meteorit Murchison—materi padat tertua yang diketahui hingga saat ini.