Ingin Memberi Nama Planet yang Ditemukan James Webb? Ikuti Ajangnya

By Wawan Setiawan, Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:00 WIB
James Webb Space Telescope (JWST) adalah teleskop ruang angkasa yang dirancang terutama untuk melakukan astronomi inframerah. Sebagai teleskop optik terbesar di luar angkasa. (Sara Rigby/Science Focus)

Nationalgeographic.co.id—Apakah Anda pernah bermimpi atau berangan-angan ingin memberi nama sebuah planet? Jika iya, inilah ajang pemberian nama planet yang ditemukan oleh Teleskop James Webb.

Siapa pun dapat memberi nama bintang secara online, tetapi Persatuan Astronomi Internasional (IAU / International Astronomical Union) menawarkan kesempatan luar angkasa yang langka ini, yaitu memberi nama sebuah planet yang ditemukan oleh Teleskop James Webb yang inovatif.

IAU bertanggung jawab untuk menamai segala sesuatu di luar angkasa, mulai dari rasi bintang, komet, dan apa yang ada di luar tata surya kita. Meskipun organisasi tersebut menamai planet itu sendiri, ia ingin agar planet berikutnya diberi nama oleh publik dalam ajang kontes NameExoWorlds 2022. Ini adalah perayaan ulang tahun ke 10 Office for Astronomy Outreach. Tujuannya adalah untuk mengundang "komunitas di seluruh dunia untuk menghubungkan budaya mereka sendiri dengan dunia yang jauh ini."

"Sangat menyenangkan dapat mengadakan kompetisi NameExoWorlds baru untuk merayakan ulang tahun ke-10 Office for Astronomy Outreach. Pekerjaan mereka selama dekade terakhir telah berdampak global, dan kompetisi ini adalah cara lain untuk menyatukan orang melalui astronomi," Presiden IAU, Debra Elmegreen mengatakannya dalam rilis berita.

Planet apa yang akan diberi nama? Ada dua puluh nama planet diperebutkan, yang semuanya adalah eksoplanet. Artinya mereka berada di luar tata surya kita.

Mereka memiliki "kepentingan khusus," kata IAU, karena mereka akan menjadi eksoplanet pertama yang diamati oleh Teleskop James Webb. Mereka ditemukan "melalui campuran teknik, sebagian besar melalui metode transit dan pencitraan langsung."

Pengajuan tidak hanya akan menyebutkan nama planet, tetapi orang juga akan menamai bintang yang diorbit eksoplanet. Sehingga memberi mereka kehormatan untuk menamai "ExoWorld."

Pada 1 Agustus 2022, ada 5.125 eksoplanet yang dikonfirmasi di 3.794 sistem planet, dengan 829 sistem memiliki lebih dari satu planet. (Pixabay/CC0 Public Domain)

Ini adalah ketiga kalinya IAU mengizinkan publik untuk memberi nama dan ExoWorld. Sebelumnya itu terjadi pada 2019 dan 2015.

Apa yang perlu Anda lakukan untuk memberi nama sebuah planet? Anda tidak bisa hanya menamai planet atau bintang dengan nama anak, pasangan, atau hewan peliharaan Anda.

Apa yang diinginkan IAU adalah tim siswa, guru, pecinta astronomi, dan astronom dari semua tingkatan berkumpul untuk memutuskan sebuah nama. Nama-nama yang diusulkan "harus berupa benda-benda, orang-orang, atau tempat-tempat yang memiliki signifikansi budaya, sejarah, atau geografis yang sudah lama ada, yang layak untuk ditetapkan sebagai benda langit." Nama bintang dan planet juga harus memiliki tema yang sama.

Setelah tim memutuskan namanya, mereka harus membuat dan mengimplementasikan acara penjangkauan yang terkait dengan planet ekstrasurya. Seperti acara yang memberi tahu publik, secara langsung atau online, tentang planet ekstrasurya dan signifikansinya.