Dunia Hewan: Bukan karena Darah Rendah, Mengapa Kucing Takut Mentimun?

By Utomo Priyambodo, Kamis, 18 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Kucing takut. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa orang menghindari memakan mentimun karena punya kecenderungan untuk mengalami tekanan darah rendah. Namun, kucing bukanlah hewan yang tahu soal hipotensi.

Jadi, kalau bukan karena darah rendah, mengapa kucing takut pada mentimun?

Fakta bahwa kucing takut pada mentimun membuat binatang lucu itu terkesan sebagai hewan yang pengecut. Fakta ini terlihat dari sejumlah video viral menunjukkan kucing-kucing melarikan diri dalam ketakutan atau bahkan terpental ke udara saat melihat mentimun.

Mengapa mentimun bisa menakuti beberapa kucing adalah pertanyaan yang menggelitik. Namun, itu bukanlah misteri bagi seorang ahli.

Fakta bahwa mentimun bisa membuat kucing melompat atau lari ketakutan bukanlah sesuatu yang anaeh bagi Con Slobodchikoff, ahli perilaku hewan dan penulis buku Chasing Doctor Dolittle: Learning the Language of Animals. Ia bahkan tahu alasan di baliknya.

"Kucing secara genetik terprogram memiliki naluri untuk menghindari ular," kata Con Slobodchikoff, seperti dikutip dari ABC News.

"Mentimun cukup terlihat seperti ular untuk menghidupkan naluri ketakutan kucing terhadap ular."

Ketakutan naluriah terhadap ular ini dapat menyebabkan kucing panik, tambahnya.

"Jika seekor kucing melihat sesuatu yang merayap di tanah, kucing itu akan sering melompat beberapa kaki ke atas, sebuah perilaku yang mencegahnya digigit ular," papar Slobodchikoff.

Baca Juga: Dunia Hewan: Inilah Tujuh Binatang yang Punya Profesi Tidak Biasa

Baca Juga: Dunia Hewan: Seberapa Besar Tubuh Paus Biru? Mengapa Sedemikian Besar?

Baca Juga: Dunia Hewan: Benarkah Banteng Benci Warna Merah? Apa Penjelasannya?