Dunia Hewan: Ikan Berprotein Antibeku Ini dari Habitat Es Greenland

By Wawan Setiawan, Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Ikan Liparis Gibbus, ditemukan di Greenland dipenuhi dengan protein antibeku. (John Sparks dan David Gruber)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru dunia hewan ini berdasarkan ekspedisi ke perairan es di Greenland. Peneliti mengungkap adanya tingkat protein antibeku yang melonjak dalam spesies ikan siput kecil. Ini yang mendasari pentingnya adaptasi unik ini untuk kehidupan di suhu di bawah nol.

Studi tersebut dipimpin oleh para ilmuwan di American Museum of Natural History dan City University of New York (CUNY). Hasil studi mereka diterbitkan di jurnal Evolutionary Bioinformatics pada 16 Agustus dengan judul Transcriptomics of a Greenlandic Snailfish Reveals Exceptionally High Expression of Antifreeze Protein Transcripts. Studi ini juga memperingatkan bahwa pemanasan suhu lautan di Kutub Utara dapat menimbulkan ancaman bagi makhluk yang sangat terspesialisasi ini.

"Mirip dengan bagaimana antibeku di mobil Anda menjaga air di radiator Anda agar tidak membeku pada suhu dingin. Beberapa hewan telah mengembangkan mesin luar biasa yang mencegahnya membeku, seperti protein antibeku. Yang mencegah pembentukan kristal es," kata David Gruber, seorang rekan peneliti di Museum dan profesor biologi terkemuka di CUNY's Baruch College. "Kami sudah tahu bahwa ikan siput kecil ini, yang hidup di perairan yang sangat dingin, menghasilkan protein antibeku. Tetapi kami tidak menyadari betapa penuhnya protein itu - dan jumlah upaya yang dilakukan untuk membuat protein ini."

Perairan es di lautan kutub adalah lingkungan ekstrem bagi kehidupan laut. Ini membatasi penghuninya hanya bagi mereka yang memiliki mekanisme untuk mengatasi suhu beku.

Ikan siput Liparis gibbus yang melindungi tubuhnya dari beku dengan protein antibeku. (DESCNA)

Tidak seperti beberapa spesies reptil dan serangga, ikan tidak dapat bertahan hidup. Bahkan dalam pembekuan sebagian cairan tubuh mereka. Sehingga mereka bergantung pada protein antibeku, yang dibuat terutama di hati. Untuk mencegah pembentukan butiran es besar di dalam sel dan cairan tubuh mereka. Kemampuan ikan untuk membuat protein khusus ini ditemukan hampir 50 tahun yang lalu. Sejak itu, para ilmuwan telah menetapkan bahwa protein antibeku dibuat dari lima keluarga gen yang berbeda.

Gruber dan rekan penulis John Sparks, seorang kurator di Departemen Ichthyology Museum, memutuskan untuk menyelidiki protein antibeku dari ikan siput Liparis gibbus. Setelah mereka menemukan kemampuan luar biasa yang terpisah dari ikan kecil ini—biofluoresensi.

Pada 2019, sebagai bagian dari Konstantinus. Ekspedisi S. Niarchos, Sparks, dan Gruber sedang menjelajahi habitat gunung es di lepas pantai Greenland Timur. Ketika itu mereka menemukan ikan siput beraneka ragam remaja yang bersinar dalam warna hijau dan merah. Biofluoresensi, kemampuan untuk mengubah cahaya biru menjadi cahaya hijau, merah, atau kuning, jarang terjadi di antara ikan Arktika. Di mana ada periode kegelapan yang berkepanjangan. Ikan siput tetap menjadi satu-satunya ikan kutub yang dilaporkan mengalami biofluoresensi.

Lokasi penelitian menunjukkan habitat gunung es di Greenland tempat Liparis gibbus dikumpulkan. Kapal selam dapat dilihat di kiri bawah, dan penyelam terlihat di dekat bagian tengah gambar. (Peter Kragh)

Setelah penyelidikan lebih lanjut tentang sifat biofluoresen ikan siput. Para peneliti menemukan dua jenis keluarga gen yang berbeda yang mengkode protein antibeku. Gen-gen ikan siput memiliki tingkat ekspresi protein antibeku tertinggi yang pernah diamati. Menyoroti pentingnya mereka bagi kelangsungan hidup hewan-hewan ini dan mengirimkan tanda bahaya tentang bagaimana mereka dapat bertahan dalam kondisi lingkungan yang memanas.

  

Baca Juga: Dunia Hewan: Benarkah Banteng Benci Warna Merah? Apa Penjelasannya?