Mengapa Tidak Ada Peta Ini di dalam Buku-Buku Sejarah Amerika?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Peta wilayah penduduk asli Amerika Utara pada tahun 1500. (Paul Mirocha)

Nationalgeographic.co.id—Selalu ada yang luput dari buku-buku pelajaran sejarah, baik karena sengaja maupun tidak sengaja. Dan hal itu juga terjadi di Amerika Serikat.

Pada usia 10 tahun, sebagian besar anak-anak di Amerika Serikat telah diajari semua 50 nama negara bagian yang membentuk negara adidaya tersebut. Namun berabad-abad yang lalu, tanah yang sekarang menjadi wilayah Amerika Serikat adalah tempat yang sangat berbeda.

Lebih dari 20 juta penduduk asli Amerika -tersebar di lebih dari 1.000 suku, kelompok, dan kelompok etnis yang berbeda- menghuni wilayah tersebut. Saat ini, penduduk asli Amerika hanya berjumlah 1,5 persen dari populasi, dan banyak dari sejarah mereka telah hilang, terutama karena sistem pendidikan saat ini sangat kurang dalam hal mengajarkan sejarah Amerika Serikat yang kaya dan kompleks.

Dikutip dari Ancient Origins, dari abad ke-16 hingga abad ke-19, populasi penduduk asli Amerika menurun tajam dari sekitar 20 juta menjadi 250.000. Saat ini, ada sekitar 2,9 juta penduduk asli Amerika di Amerika Utara.

Pada tahun 2000, kelompok terbesar di Amerika Serikat berdasarkan populasi adalah Navajo, Cherokee, Choctaw, Sioux, Chippewa, Apache, Blackfeet, Iroquois, dan Pueblo. Suku asli Amerika di Amerika Serikat biasanya dibagi menjadi 8 wilayah berbeda, di mana suku-suku tersebut memiliki beberapa kesamaan dalam budaya, bahasa, agama, adat istiadat, dan politik.

Wilayah

Northwest Coast – Penduduk asli Amerika di sini tidak perlu bertani karena tanaman dan hewan yang dapat dimakan berlimpah di darat dan laut. Mereka dikenal memiliki tiang totem, kano yang dapat menampung hingga 50 orang, dan rumah yang terbuat dari papan cedar.

California – Lebih dari 100 suku asli Amerika pernah tinggal di sana. Mereka memancing, berburu binatang buruan kecil, dan mengumpulkan biji-bijian, yang ditumbuk menjadi makanan lembek.

Plateau - Penduduk asli Amerika di daerah itu tinggal di daerah antara Pegunungan Cascade dan Pegunungan Rocky. Untuk melindungi diri dari cuaca dingin, banyak yang membangun rumah yang sebagian berada di bawah tanah.

Great Basin – Membentang di Nevada, Utah, dan Colorado, penduduk asli Amerika di Great Basin harus menanggung iklim yang panas dan kering dan harus menggali banyak makanan mereka. Mereka adalah salah satu kelompok terakhir yang melakukan kontak dengan orang Eropa.

Southwest – Penduduk asli di sana menciptakan rumah berjenjang yang terbuat dari batu bata adobe. Banyak suku memiliki petani yang terampil, bercocok tanam, dan membuat saluran irigasi. Suku-suku terkenal di sini antara lain Bangsa Navajo, Apache, dan Indian Pueblo.

Great Plains – Suku Indian di daerah ini dikenal dengan aktivitas berburu bison, kerbau dan kijang yang memang melimpah di sana. Mereka adalah orang-orang nomaden yang tinggal di teepee dan mereka bergerak terus-menerus mengikuti kawanan ternak.