Dunia Hewan: Mengapa Burung Flamingo Berdiri dengan Satu Kaki?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Salah satu pertanyaan dalam dunia hewan: Mengapa flamingo suka berdiri dengan satu kaki? (chrisinphilly5448/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Flamingo adalah salah satu burung paling terkenal dalam dunia hewan. Dengan bulu merah muda yang cerah, flamingo adalah salah satu burung alam yang paling indah.

Namun begitu, flamingo juga merupakan salah satu burung yang paling aneh. Mereka makan dengan kepala terbalik, tidur dengan kepala telentang, dan sering beristirahat dengan berdiri dalam waktu lama dengan satu kaki.

Anda mungkin pernah melihat burung cantik ini dalam foto-foto yang tersebar di internet. Salah satu jenis foto yang memang sering muncul terkait flaminggo adalah pose ketika burung itu sedang berdiri dengan satu kaki.

Perilaku flamingo ini telah membingungkan para peneliti selama bertahun-tahun. Satu teori menunjukkan bahwa berdiri dengan satu kaki membantu mengurangi kelelahan otot sehingga memungkinkan flamingo bergerak lebih cepat saat terancam oleh pemangsa.

Teori lain melibatkan pemeliharaan suhu tubuh. Karena burung kehilangan banyak panas melalui kaki dan kakinya, memegang satu kaki lebih dekat ke tubuh dapat membantu mereka tetap hangat.

Kedua teori tersebut kemudian diuji dengan mengamati kawanan flamingo di Kebun Binatang Philadelphia. Kelelahan otot diuji dengan mengukur seberapa cepat flamingo mampu bergerak baik dari posisi bipedal (berdiri dengan dua kaki) maupun unipedal (berdiri dengan satu kaki).

Jika teorinya benar, flamingo seharusnya bisa bergerak lebih cepat dari posisi unipedal. Namun, para peneliti menemukan bahwa mereka sebenarnya lebih cepat ketika memulai terbang dengan kedua kaki.

Teori panas tubuh diuji dengan memantau suhu dan kondisi cuaca selama periode istirahat flamingo. Ketika cuaca lebih hangat, lebih banyak flamingo berdiri di air dengan dua kaki. Mereka lebih sering mengambil posisi berkaki satu ketika suhu lebih dingin.

Baca Juga: Dunia Hewan: Benarkah Banteng Benci Warna Merah? Apa Penjelasannya?

Baca Juga: Dunia Hewan: Inilah Tujuh Binatang yang Punya Profesi Tidak Biasa

Baca Juga: Dunia Hewan: Bagaimana Burung Tidur saat Terbang dan Ikan Tidur di Air

Flamingo biasanya ditemukan di iklim tropis yang lebih hangat, seperti di Afrika, Amerika Selatan, dan Karibia. Jadi, kebutuhan untuk mengatur suhu tubuh mereka mungkin tampak tidak perlu.