Membongkar Kuburan Abad Pertengahan di dekat Sungai Danube di Jerman

By Ricky Jenihansen, Selasa, 23 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Senjata dan perhiasan abad pertengahan awal ditemukan di barat daya Jerman dekat Sungai Danube. (State Office for the Preservation of Monuments in the RPS / Yvonne Mühlei)

Nationalgeographic.co.id—Tim dari firma arkeologi ArchaeoTask GmbH menemukan situs abad pertengahan di dekat Sungai Danube di Jerman. Mereka menemukan banyak harta arkeologi, termasuk tembikar Zaman Batu dan kuburan abad pertengahan dengan pedang dan perhiasan.

Temuan tersebut mengungkapkan sejarah panjang tempat tinggal manusia di dekat Sungai Danube di Jerman. Penemuan tersebut mengisyaratkan bahwa manusia menduduki wilayah itu lebih lama dari yang diperkirakan penduduk setempat.

Seperti diketahui, aliran sungai tersebut adalah sungai terpanjang di Eropa setelah Sungai Volga. Membelah Eropa bermuara pada Laut Hitam, wilayah teritorial Ukraina.

Di situs tersebut, di distrik Geisingen-Gutmadingen di Tuttlingen, di barat daya Jerman, para arkeolog menemukan satu kuburan dari Neolitikum, atau Zaman Batu. Kuburan itu berasal dari milenium ketiga Sebelum Masehi (SM).

Setelah dibongkar, kuburan itu berisi tembikar khas dari budaya Corded Ware. Budaya tersebut terdiri dari cakrawala arkeologi Eropa yang luas antara tahun 3000 SM hingga 2350 SM. Dimulai dari Neolitik akhir, hingga Zaman Tembaga, dan berakhir pada Zaman Perunggu awal.

Peneliti juga menemukan 140 kuburan awal abad pertengahan, antara tahun 500 dan 600 M (Masehi). Dari kuburan tersebut didapati berisi barang-barang termasuk pedang, tombak, perisai, sisir tulang, gelas minum, dan anting-anting.

Sebuah pot barang yang dijalin dgn tali, kapak batu, dan pisau batu dari kuburan Zaman Batu ditemukan di barat daya Jerman. (Landesamt für Denkmalpflege im RPS / Yvonne Mühleis)

"Distrik Gutmadingen kami mungkin jauh lebih tua dari yang kami duga sebelumnya," kata Walikota Martin Numberger dalam sebuah pernyataan yang dikutip Live Science. Distrik tersebut sebelumnya bertanggal 1273 berdasarkan catatan tertulis pertama tentang pemukiman di sana.

Daerah tempat situs ditemukan tersebut, berada di dekat kolam retensi air hujan buatan. Kuburan Zaman Batu menunjukkan keberadaan orang-orang The Corded Ware. Orang-orang itu sekarang lebih dikenal dengan tembikar mereka yang dihiasi oleh garis-garis geometris yang dibentuk dengan menekan tali ke tanah liat dan meninggalkan bekas hingga kering.

Orang-orang ini mungkin adalah penggembala yang memelihara hewan seperti sapi dan domba. Beberapa di antaranya juga mempraktekkan pertanian awal tanaman seperti jelai. Kuburan dari periode ini jarang terjadi di barat daya Jerman, menurut pejabat setempat.

Sungai Danube, Jerman. (ICPDR)

Kuburan awal abad pertengahan berasal dari abad setelah berakhirnya Kekaisaran Romawi Barat, yang jatuh pada tahun 476 M. Ketika itu panglima perang Jerman Odoacer menggulingkan kaisar Romawi Romulus Augustus.