Ilmuwan Rencanakan Memanen Sumber Daya di Planet Mars dengan Plasma

By Wawan Setiawan, Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi tentang astronot dan habitat manusia di planet Mars. Mungkin suatu saat nanti konsep ini dapat terwujud berkat teknologi plasma untuk pemrosesan sumber daya lokal dalam menghasilkan produk di Mars. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim peneliti internasional menemukan cara berbasis plasma untuk memproduksi dan memisahkan oksigen di lingkungan planet Mars. Ini adalah pendekatan pelengkap untuk Eksperimen Pemanfaatan Sumber Daya In-Situ Oksigen Mars NASA, atau MOXIE. Di mana dapat menghasilkan tingkat produksi molekul yang tinggi per kilogram instrumentasi yang dikirim ke luar angkasa.

Sistem seperti itu dapat memainkan peran penting dalam pengembangan sistem pendukung kehidupan di planet Mars. Bahan baku serta bahan kimia dasar yang diperlukan untuk memproses bahan bakar, bahan bangunan, dan pupuk.

Dalam Journal of Applied Physics, dari AIP Publishing, tim dari University of Lisbon, Massachusetts Institute of Technology, Sorbonne University, Eindhoven University of Technology, dan Dutch Institute for Fundamental Energy Research mempresentasikan metode ini. Menurut mereka, metode ini dapat digunakan untuk memanfaatkan dan memproses sumber daya lokal. Terutama untuk menghasilkan produk di Mars. Hasil temuan mereka dipublikasikan pada 16 Agustus dengan judul Plasmas for in situ resource utilization on Mars: Fuels, life support, and agriculture.

Kondisi alam di planet merah hampir ideal untuk pemanfaatan sumber daya in situ oleh plasma. Karena atmosfer terutama dibentuk oleh karbon dioksida yang dapat dipecah untuk menghasilkan oksigen dan tekanannya menguntungkan untuk penyalaan plasma.

Vasco Guerra, fisikawan University of Lisbon yang menulis studi tersebut, mengatakan bahwa menciptakan dan mempercepat berkas elektron jauh lebih mudah di Mars. Di mana udaranya sekitar 100 kali lebih tipis daripada Bumi. "Ada tekanan yang ideal untuk operasi plasma," katanya. "Mars memiliki tekanan yang tepat ini."

Plasma karbon dioksida dibuat di Laboratoire de Physique des Plasmas, Ecole Polytechnique, di Prancis, dan digunakan dalam penelitian. (Olivier Guaitella)

Akan tetapi, menurutnya, ada dua rintangan besar yang menghalangi produksi oksigen di Mars.

"Pertama, dekomposisi molekul karbon dioksida untuk mengekstrak oksigen. Ini adalah molekul yang sangat sulit untuk dipecahkan," kata Guerra. “Kedua, pemisahan oksigen yang dihasilkan dari campuran gas yang juga mengandung, misalnya, karbon dioksida dan karbon monoksida. Kami melihat dua langkah ini secara holistik untuk menyelesaikan kedua tantangan pada saat yang bersamaan. Di sinilah plasma dapat membantu."

Plasma adalah keadaan alami materi keempat, dan mengandung partikel bermuatan bebas seperti elektron dan ion. Elektron ringan dan mudah dipercepat hingga energi yang sangat tinggi dengan medan listrik.

"Ketika elektron seperti peluru bertabrakan dengan molekul karbon dioksida, mereka dapat langsung menguraikannya atau mentransfer energi untuk membuatnya bergetar," kata Guerra.

"Energi ini dapat disalurkan, sebagian besar ke dalam dekomposisi karbon dioksida. Bersama dengan rekan-rekan kami di Prancis dan Belanda, kami secara eksperimental menunjukkan validitas teori-teori ini. Selain itu, panas yang dihasilkan dalam plasma juga bermanfaat untuk pemisahan. dari oksigen."