Mencari Cara Agar Manusia Tidak Terdeteksi Oleh Nyamuk, Mungkinkah?

By Ricky Jenihansen, Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Nyamuk mendeteksi manusia dengan cara mencium bau unik seperti bau koktail. (Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Ketika nyamuk betina ingin mencari manusia untuk digigit, mereka mendeteksi manusia dengan cara mencium bau unik seperti bau koktail yang dipancarkan oleh tubuh manusia. Bau itu kemudian merangsang reseptor di antena nyamuk untuk mendekati manusia.

Para ilmuwan telah mencoba menghapus reseptor ini dalam upaya untuk membuat manusia tidak terdeteksi nyamuk. Namun, bahkan setelah menghilangkan seluruh keluarga reseptor penginderaan bau dari genom nyamuk, nyamuk masih menemukan cara untuk menggigit kita.

Sekarang, sekelompok peneliti menemukan bahwa nyamuk telah mengembangkan sistem pengaman yang berlebihan dalam sistem penciuman mereka. Sistem tersebut memastikan mereka akan selalu dapat mencium aroma kita.

Para peneliti telah melaporkan temuan mereka itu dalam Cell yang merupakan jurnal akses terbuka. Laporan mereka bisa didapatkan secara daring dengan judu "Non-canonical odor coding in the mosquito."

"Nyamuk melanggar semua aturan favorit kami tentang bagaimana hewan mencium sesuatu," kata Margo Herre, seorang ilmuwan di Rockefeller University dan salah satu penulis utama makalah tersebut.

Peneliti menjelaskan, pada kebanyakan hewan, neuron penciuman -semacam sensor pada sistem saraf, hanya bertanggung jawab untuk mendeteksi satu jenis bau.

"Jika Anda seorang manusia dan Anda kehilangan satu reseptor bau, semua neuron yang mengekspresikan reseptor itu akan kehilangan kemampuan untuk mencium bau itu," kata penulis senior makalah, Leslie Vosshall dari Howard Hughes Medical Institute.

Vosshall adalah seorang profesor di Rockefeller University. Ia dan rekan-rekannya menemukan bahwa pengaturan seperti pada hewan lain itu tidak terjadi pada nyamuk.

"Anda perlu bekerja lebih keras untuk menghancurkan nyamuk karena menyingkirkan reseptor tunggal tidak berpengaruh," kata Vosshall.

"Setiap upaya di masa depan untuk mengendalikan nyamuk dengan penolak nyamuk atau apa pun harus mempertimbangkan seberapa kuat daya tarik mereka bagi kita."

Nyamuk Anopheles freeborni yang sedang mengisap darah manusia. (Public Domain)

Sementara itu, salah satu penulis utama makalah tersebut, Meg Younger menambahkan: "Proyek ini benar-benar dimulai secara tak terduga ketika kami melihat bagaimana bau manusia dikodekan di otak nyamuk." Younger adalah seorang profesor di Boston University.