Vegetasi di Sekitar Taman Bermain Melindungi Anak-Anak dari Polusi

By Ricky Jenihansen, Senin, 29 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Pemasangan (Professor Barbara Maher)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru dari Lancaster University menunjukan bahwa penanaman selektif vegetasi antara jalan dan taman dapat melindungi anak-anak dari polusi udara. Vegetasi tersebut dapat secara substansial mengurangi polusi udara beracun yang berasal dari lalu lintas yang mencapai anak-anak di taman bermain.

Temuan baru tersebut menunjukkan bahwa vegetasi di pinggir jalan dapat dirancang, dipasang, dan dipelihara dengan baik. Tujuannya untuk mencapai peningkatan kualitas udara yang cepat, signifikan, dan hemat biaya.

Hasil penelitian mereka telah diterbitkan di scientific reports dan merupakan jurnal akses terbuka. Laporan tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Protecting playgrounds: local-scale reduction of airborne particulate matter concentrations through particulate deposition on roadside ‘tredges’ (green infrastructure)."

Dijelaskan, paparan polusi udara terkait lalu lintas telah dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan termasuk kesehatan kardiovaskular, pernapasan, dan neurologis.

Risiko kesehatan terkait polusi udara kemungkinan akan diperburuk pada anak-anak yang bersekolah di sekolah dasar di sebelah jalan yang sibuk. Itu karena organ utama anak-anak mereka masih berkembang dan anak-anak memiliki tingkat pernapasan yang lebih tinggi daripada orang dewasa.

Paparan partikel halus dalam polusi udara dilaporkan merupakan faktor risiko lingkungan terbesar yang berkontribusi terhadap kematian dan penyakit kardiovaskular secara global, dan terkait dengan sekitar enam hingga sembilan juta kematian dini setiap tahun.

Vegetasi antara jalan dan taman dapat melindungi anak-anak dari polusi udara. (Biswarup Ganguly )

Pada penelitian ini, para ilmuwan yang dipimpin oleh Barbara Maher, Profesor Emeritus di Lancaster University memasang 'tredges' (pohon yang dikelola sebagai pagar setinggi kepala) di tiga sekolah dasar Manchester selama liburan sekolah musim panas 2019.

Satu sekolah memasang daun ivy, yang lain memiliki cedar merah dan sekolah ketiga memiliki campuran cedar merah dan birch Swedia, dan pagar tanaman juniper di bagian dalam. Sekolah keempat, tanpa penanaman, digunakan sebagai kontrol.

Sekolah dengan daun ivy melihat pengurangan substansial dalam konsentrasi materi partikulat taman bermain, tetapi peningkatan karbon hitam. Taman bermain dengan campuran vegetasi menunjukan pengurangan polusi udara yang lebih rendah dibandingkan dengan cedar merah.

Pengurangan keseluruhan terbesar dalam partikel dan karbon hitam ditunjukkan di sekolah dengan tanaman cedar merah. Hasilnya menunjukkan hampir setengah (49%) karbon hitam dan sekitar 46% dan 26% partikulat halus yang dipancarkan oleh lalu lintas yang lewat ditangkap oleh pohon cedar merah.

Daun cedar merah. (Professor Barbara Maher)