#SayaPilihBumiFest, Pekan Gembira untuk Menguatkan Kembali Semangat Kita Menjaga Bumi

By Utomo Priyambodo, Kamis, 1 September 2022 | 07:00 WIB
#SayaPilihBumi ingin menegaskan kembali bahwa kegiatan manusia sekecil apa pun bisa berdampak pada kelestarian bumi. (Gregorius Bhisma Adinaya)

Nationalgeographic.co.id—Pandemi telah mengajarkan kita betapa pentingnya menjaga kelestarian alam. Rusaknya hutan yang menjadi habitat alami satwa liar serta penangkapan dan konsumsi berlebihan terhadap satwa liar, telah menempatkan manusia ke dalam kondisi pagebluk bertahun-tahun akibat zoonosis --penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Salah satu penyebab rusaknya alam selain penebangan pohon adalah pembuangan sampah sembarangan. Sejak tahun 2018 National Geographic Indonesia telah membuat gerakan sosial bertajuk #SayaPilihBumi. Gerakan ini bertujuan membuat Indonesia terbebas dari permasalahan sampah sehingga menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik.

Gerakan ini berjalan membumi. Berusaha menyadarkan kita bahwa setiap aktivitas kecil kita dalam kehidupan sehari-hari dapat berpengaruh pada kelestarian bumi.

Mulai dari kegiatan sesederhana membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai untuk mengurangi jumlah timbunan sampah plastik, meminimalisir membeli pakaian baru untuk mengurangi limbah tekstil, hingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi guna mengurangi emisi karbon.

Tahun ini #SayaPilihBumi ingin merayakan #SayapilihbumiFestival sebagai kegiatan yang mendukung poin-poin sustainable development goals dalam rangka menuju kebahagiaan yang lestari.

Yang perlu selalu kita sadari, kebahagiaan tidak hanya bersifat materiel namun juga imateriel. Kehidupan dengan kondisi lingkungan yang lestari tentu menunjang aspek-aspek kehidupan lainnya.

Kita tentu tidak mau anak dan cucu kita mendapati warisan alam yang lebih rusak, menghadapi pagebluk yang lebih parah, ataupun mengalami bencana-bencana yang lebih dahsyat akibat rusaknya lingkungan dan perubahan iklim.

Jangan mewariskan sampah untuk anak cucu kita. (Gregorius Bhisma Adinaya)

Festival ini bakal kembali mengangkat isu-isu di atas tetapi lewat medium dan perbincangan yang lebih ringan, santai, dan menyenangkan. Seperti arti katanya, festival adalah pekan gembira. Dan sekali lagi sampai selamanya, gerakan ini ingin selalu membumi.

Acara-acara yang tersaji dalam festival ini bakal meliputi Panel Diskusi, semacam gelar wicara (iya, talk show) yang menghadirkan para narsumber yang memiliki kepakaran masing-masing di bidang pelestarian lingkungan. Ada pula Inspiring Stories, kegiatan berisikan individu-individu yang sudah melakukan perubahan lingkungan berbagi cerita kepada audiensi tentang apa yang mereka lakukan.. Melalui panggung ini juga, audiensi tentunya mendapat banyak inspirasi dari orang-orang hebat dan melalui cerita mereka audiensi bisa melakukan hal yang serupa atau hal-hal baik lainnya

Ada juga Community Activity yang menjadi wadah bagi para pengunjung untuk bertemu dengan banyak komunitas dan para praktisi untuk saling menginspirasi dan berkolaborasi.  Ruang Temu ini juga bakal menjadi tempat sejumlah aktivitas seperti barter baju bekas layak pakai, bazaar barang-barang yang berguna untuk pelestarian lingkungan seperti kantong kain untuk mengganti kantong plastik sekali pakai, dan sebagainya.

Anda merasa sisi hiburannya masih kurang? Tenang, #SayaPilihBumiFest juga bakal menyediakan panggung untuk Swara Loka Berkarya. Kami tahu betul sebuah perayaan tidak akan lengkap tanpa adanya panggung hiburan. Ini adalah unsur yang selalu dapat menyatukan pengunjung dalam suasana meriah dan gembira.