Penemuan Tak Sengaja Fosil Dinosaurus Terbesar Eropa di Halaman Rumah

By Utomo Priyambodo, Jumat, 2 September 2022 | 09:00 WIB
Fosil tulang dinosaurus yang ditemukan di halaman belakang seorang pria di Portugal. (Instituto Dom Luiz/Faculty of Sciences of the University of Lisbon)

Nationalgeographic.co.id—Seorang pria Portugis secara tidak sengaja menemukan tulang belulang dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Eropa.

Saat melakukan konstruksi di properti Pombal, Portugal, pada tahun 2017, ia melihat fragmen-fragmen tulang yang memfosil di halaman rumahnya. Pria itu menghubungi para ilmuwan, yang kemudian memulai penggalian awal akhir tahun itu.

Upaya untuk menggali dinosaurus ini telah berlangsung, dan baru-baru ini para ahli paleontologi Spanyol dan Portugis menemukan lebih banyak sisa-sisa raksasa. Sejauh ini, "seperangkat elemen penting dari kerangka aksial" telah dikumpulkan —termasuk tulang belakang dan tulang rusuk sepanjang 10 kaki (3 meter), menurut sebuah pernyataan.

"Ini salah satu spesimen terbesar yang ditemukan di Eropa, mungkin di dunia," kata Elisabete Malafaia, ahli paleontologi dari Fakultas Sains di University of Lisbon di Portugal, kepada Agence France-Presse (AFP).

Tulang-tulang itu kemungkinan milik sauropoda, sejenis dinosaurus pemakan tumbuhan dengan ciri khas leher dan ekor yang panjang. Kelompok dinosaurus ini termasuk makhluk darat terbesar yang pernah berkeliaran di bumi.

Margaret Osborne melaporkan untuk Smithsonian Magazine bahwa para ilmuwan memperkirakan spesimen ini, yang mungkin milik famili Brachiosauridae, tingginya sekitar 39 kaki (12 meter) dan panjangnya 82 kaki (25 meter). Hewan ini diperkirakan hidup sekitar 160 hingga 100 juta tahun yang lalu, selama Jurassic Atas hingga Kapur Bawah.

Wilayah Pombal di Portugal tengah, tempat tulang-tulang itu ditemukan, "memiliki catatan fosil penting tentang vertebrata Jurassic Akhir," kata Malafaia dalam pernyataan tersebut. Kondisi itu memungkinkan beberapa penemuan "sangat signifikan" tentang hewan yang hidup di sana 145 juta bertahun-tahun lalu. Namun, dia mengatakan penemuan ini agak unik.

"Tidak biasa menemukan semua tulang rusuk hewan seperti ini, apalagi dalam posisi ini, mempertahankan posisi anatomi aslinya," kata Malafaia dalam pernyataannya.

"Catatan fosil Portugis dan menunjukkan fitur lingkungan dan tafonomik yang khusus dan tidak biasa," katanya kepada Christopher Brito dari CBS News.

Baca Juga: Memiliki Banyak Kesamaan, Apakah Ayam Adalah Keturunan Dinosaurus?

Baca Juga: Thalassotitan atrox, Mosasaurus Pemuncak Rantai Makanan Dari Maroko

Baca Juga: Bisticeratops froeseorum, Spesies Baru Dinosaurus Bertanduk dari AS