Misi Juno NASA Berhasil Mengungkapkan Warna Kompleks Planet Jupiter

By Wawan Setiawan, Senin, 5 September 2022 | 09:00 WIB
Sebuah gambar baru yang diambil oleh penjelajah Jupiter NASA, Juno, mengungkapkan detail warna-warni di atmosfer planet. (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Björn Jónsson)

Nationalgeographic.co.id—Pesawat ruang angkasa Juno NASA mengamati warna kompleks dan struktur awan Jupiter saat menyelesaikan penerbangan jarak dekat ke-43 dari planet raksasa itu pada 5 Juli 2022.

Ilmuwan warga Bjorn Jonsson menciptakan dua gambar ini menggunakan data mentah dari instrumen JunoCam di atas pesawat ruang angkasa. Pada saat pengambilan gambar mentah, Juno berada sekitar 5.300 kilometer di atas puncak awan Jupiter, pada garis lintang sekitar 50 derajat. Utara ada di bagian atas. Pada saat itu, pesawat ruang angkasa itu melaju dengan kecepatan sekitar 209.000 kilometer per jam relatif terhadap planet ini.

Gambar pertama (kiri) diproses untuk menggambarkan perkiraan warna yang akan dilihat mata manusia dari sudut pandang Juno. Gambar kedua (kanan) berasal dari data mentah yang sama, tetapi dalam kasus ini Jonsson memprosesnya secara digital untuk meningkatkan saturasi warna dan kontras guna mempertajam fitur skala kecil. Juga untuk mengurangi artefak kompresi dan noise yang biasanya muncul dalam gambar mentah.

Ini dengan jelas mengungkapkan beberapa aspek yang paling menarik dari atmosfer Jupiter, termasuk variasi warna yang dihasilkan dari komposisi kimia yang berbeda. Sifat tiga dimensi dari pusaran Jupiter yang berputar, dan awan "pop-up" kecil yang terang yang terbentuk di bagian yang lebih tinggi dari atmosfer.

Juno, diluncurkan pada 2011, telah menjelajahi raksasa gas itu sejak 2016. Mengelilingi planet dalam orbit yang sangat elips. Wahana ini menyelesaikan satu putaran setiap 43 hari, membuat penurunan reguler dekat dengan awan berputar di planet itu. Pada titik terdekatnya, Juno menyelam hingga sekitar 5.000 km di atas awan raksasa gas itu.

Awalnya dijadwalkan untuk pensiun pada tahun 2021. Namun Juno melanjutkan pekerjaannya hingga setidaknya tahun 2025. Citra JunoCam terbuka bagi ilmuwan warga untuk mengeksplorasi, memproses, dan membantu mengkategorikan. Gambar tersedia di situs pemrosesan gambar JunoCam melalui Southwest Research Institute di San Antonio, yang membuat instrumen tersebut.

Ilustrasi berdasarkan gambar Jupiter JunoCam yang diperoleh pada 21 Juli 2021. Ditingkatkan untuk menonjolkan fitur, awan, warna, dan keindahan planet Jupiter. (NASA/SwRI/MSSS/Tanya Oleksuik)

Data sebelumnya yang juga diterima dari radiometer gelombang mikro yang dibawa oleh pesawat antariksa Juno NASA menunjukkan bahwa pola pita Jupiter ini meluas jauh di bawah awan. Cahaya gelombang mikro memungkinkan para ilmuwan planet untuk menatap jauh di bawah awan warna-warni Jupiter, untuk memahami cuaca dan iklim di lapisan yang lebih hangat, lebih gelap, dan lebih dalam.

Pada ketinggian yang lebih rendah dari tekanan lima bar (atau sekitar lima kali tekanan atmosfer rata-rata di Bumi), sabuk planet bersinar terang dalam cahaya gelombang mikro. Sedangkan zonanya gelap. Tapi semuanya berubah pada tekanan yang lebih tinggi, pada ketinggian lebih dari 10 bar, memberi para ilmuwan pandangan sekilas tentang pembalikan tak terduga dalam meteorologi dan sirkulasi.

Dr Leigh Fletcher, Associate Professor di Planetary Science di University of Leicester dan Participating Scientist untuk misi Juno, adalah penulis utama studi tersebut. Hasil studinya telah dipublikasikan dalam Journal of Geophysical Research-Planets.

    

Baca Juga: Aurora Jupiter Secara Signifikan Lebih Intens Daripada di Bumi