Pulau-pulau yang Hilang dalam Legenda Welsh Kemungkinan Adalah Nyata

By Wawan Setiawan, Minggu, 4 September 2022 | 16:00 WIB
Profesor mengatakan dua pulau di Teluk Cardigan ditandai dengan jelas di peta Gough yang disimpan di perpustakaan Bodleian. (Paul Quayle/Alamy)

Nationalgeographic.co.id - Legenda Welsh yang berasal dari periode abad pertengahan tentang lanskap yang hilang ke laut ternyata masuk akal. Sebuah bukti baru tentang evolusi garis pantai Wales barat telah terungkap.

Melihat pada data geologi dan peta abad pertengahan, para penelitidari Swansea University dan University of Oxford—mengusulkan bagaimana dua pulau mungkin pernah muncul dan kemudian menghilang lagi.

Studi ini terinspirasi oleh sebuah Peta Gough yang ditemukan tersimpan di Perpustakaan Bodleian Universitas Oxford. Peta ini adalah peta Inggris Raya paling awal yang masih ada, mungkin dengan asal-usulnya pada abad ketiga belas.

Peta tersebut menggambarkan dua pulau di Cardigan Bay di Wales barat, yang sudah tidak ada lagi. Masing-masing digambarkan sekitar seperempat ukuran pulau Anglesey di Wales utara. Salah satunya adalah antara Aberystwyth dan Aberdovey dan yang lainnya di antara keduanya dan Barmouth di utara.

Penelitian ini dilakukan oleh Simon Haslett, Profesor Kehormatan Geografi Fisik di Universitas Swansea dan David Willis, Jesus Professor of Celtic Studies di Universitas Oxford.

Studi mereka menyelidiki sumber sejarah dan bukti geologis dari garis pantai dan dasar laut. Ini menggunakan model bagaimana pantai telah berevolusi sejak zaman es terakhir sekitar 10.000 tahun yang lalu, yang memberikan penjelasan yang mungkin untuk pulau-pulau yang 'hilang'.

Mereka mengatakan bahwa pulau-pulau itu bisa menjadi sisa-sisa lanskap dataran rendah yang dilatarbelakangi oleh endapan glasial lunak yang terbentuk selama zaman es terakhir. Sejak itu, kekuatan erosi telah mengikis daratan, mereduksinya menjadi pulau-pulau. Sebelum pulau-pulau itu juga terkikis dan menghilang pada abad keenam belas.

Ekstrak Peta Gough yang menunjukkan Wales dan dua pulau yang 'hilang' di Teluk Cardigan di bagian tengah bawah gambar. Perhatikan peta diorientasikan dengan Timur di bagian atas. (Swansea University / Bodleian Library, Oxford)

Karena sedimen yang lebih halus dari endapan glasial terkikis, komponen kerikil dan batu yang lebih besar tertinggal di dasar laut. Posisi pulau-pulau tersebut bertepatan dengan lokasi akumulasi kerikil dan bongkahan bawah laut, yang dikenal secara lokal sebagai sarn.

“Kita tahu bahwa pantai barat Wales telah berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. Bukti dari kartografer Romawi Ptolemeus menunjukkan garis pantai 2.000 tahun yang lalu mungkin berjarak sekitar 13 km lebih jauh ke laut daripada sekarang,” kata Profesor Simon Haslett dari Departemen Geografi Universitas Swansea. “Peta Gough sangat akurat mengingat alat survei yang mereka miliki saat itu, dan kedua pulau itu ditandai dengan jelas. Penelitian kami meningkatkan pemahaman kami tentang proses pesisir potensial yang terjadi di sepanjang pesisir Teluk Cardigan. Ini juga dapat membantu penelitian masa depan tentang evolusi pasca-glasial dari dataran rendah serupa di bagian lain Eropa barat laut.”

 Baca Juga: Bagaimana Penaklukan Romawi Mengubah Budaya dan Ekonomi Inggris?

 Baca Juga: Godly Butchery: Penyiksaan Terkejam dari Abad Pertengahan di Inggris