Dunia Hewan: Evolusi Konvergen Antara Cetacea dan Mosasaurus

By Wawan Setiawan, Selasa, 6 September 2022 | 15:00 WIB
Paus bungkuk (Megaptera novaeangliae) sedang melompat keluar air. Apakah nenek moyang pertama paus mengambil tempat di dunia hewan yang ditinggalkan mosasaurus 66 juta tahun yang lalu, setelah kepunahan semua reptil laut pemangsa besar? (Comstock Images/Jupiterimages)

Di dunia hewan, Cetacea (ordo Cetacea) adalah ordo mamalia air yang terdiri dari paus, dan lumba-lumba. Orang Yunani kuno mengakui bahwa cetacea menghirup udara, melahirkan anak, menghasilkan susu, dan memiliki rambut semua ciri mamalia. Karena Cetacea mamalia, ini berarti mereka endotermik (biasa disebut berdarah panas) dan suhu tubuh internal mereka hampir sama dengan manusia.

Apa perbedaan ikan dengan cetacea? Ekor ikan vertikal dan bergerak dari sisi ke sisi sementara ekor cetacea horizontal dan bergerak ke atas dan ke bawah. Ketika Anda mengamati dengan seksama, Anda akan melihat bahwa cetacea memiliki satu atau tidak ada sirip punggung dan dua sirip dada di samping sirip ekor (ekor), sedangkan ikan cenderung memiliki beberapa sirip tambahan.

Sebuah studi baru dilakukan oleh Rebecca Bennion, seorang mahasiswa PhD di EDDyLab dari University of Liège (Belgia). Ia bersama rekannya mencoba menjawab sebuah pertanyaan evolusi skala besar, apakah nenek moyang pertama paus mengambil tempat yang ditinggalkan mosasaurus 66 juta tahun yang lalu? Setelah kepunahan semua reptil laut pemangsa besar, apakah mereka penerus mosasaurus?

Studi baru ini melihat kemungkinan konvergensi dalam morfologi dan perilaku yang mungkin ada di antara dua kelompok hewan predator laut besar tersebut. Hasilnya telah dipublikasikan di jurnal Paleobiology pada 22 Agustus dengan judul Convergence and constraint in the cranial evolution of mosasaurid reptiles and early cetaceans.

Pemindaian tengkorak tiga dimensi (3D) resolusi tinggi dari fosil Mosasaurus, reptil laut besar dari Kapur Akhir. (Rebecca Bennion, ULiège/EddyLab)

Banyak dari kita yang akrab dengan paus dan lumba-lumba modern. Namun, nenek moyang mamalia laut modern yang punah ini memiliki kemiripan yang luar biasa dengan bentuk kehidupan laut sebelumnya. Terutama mosasaurus, kelompok yang benar-benar punah yang terkait erat dengan ular dan kadal.

"Kesamaan dangkal telah lama dicatat, tetapi gagasan bahwa kedua kelompok ini mungkin secara fungsional serupa belum pernah diuji secara ketat," jelas Rebecca Bennion, seorang mahasiswa doktoral di EDDyLab ULiège dan penulis pertama studi tersebut.

Rebecca Bennion, seorang mahasiswa PhD di EDDyLab dari University of Liège (Belgia), sedang melakukan analisis perbedaan antara tengkorak. (ULiège/EddyLab)

Penelitian yang baru saja diterbitkan dalam jurnal Paleobiology ini dilakukan oleh tim ilmuwan internasional yang berbasis di Eropa, Amerika Serikat dan Selandia Baru. Mereka menyelidiki potensi evolusi konvergen morfologi tengkorak antara cetacea leluhur dan mosasaurus.

Untuk melakukan ini, berbagai fitur fungsional dan biomekanik direkam dari pemindaian tengkorak tiga dimensi (3D) resolusi tinggi dari kedua kelompok. "Laboratorium kami telah mengumpulkan perpustakaan besar pemindaian 3D fosil, memungkinkan kami untuk mengeksplorasi pertanyaan rinci tentang evolusi skala besar," jelas Prof. Valentin Fischer, ahli paleontologi dan direktur EDDy Lab di ULiège.

Sementara cetacea dan mosasaurus pada awalnya memiliki karakteristik ekologi yang sangat berbeda. Namun, penelitian ini menemukan bahwa beberapa spesies memiliki morfologi yang sangat mirip. Dengan demikian menunjukkan konvergensi evolusioner.