Ketika Seks Bebas dalam Budaya Hookup Memengaruhi Kesehatan Mental

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 7 September 2022 | 09:00 WIB
Hookup culture muncul akibat dari pergeseran sosial. (Sucker4pain)

Nationalgeographic.co.id—Perkembangan zaman membawa kita pada hubungan sosial dan revolusi kebudayaan yang baru. Salah satunya adalah Hookup culture atau budaya Hookup. Apakah itu?

Menurut American Psychological Association, hookup adalah pertemuan seksual singkat tanpa komitmen antara individu yang bukan pasangan romantis atau berkencan satu sama lain.

Istilah Hookup awalnya berawal dari pergeseran sosial pada tahun 1920-an. Dengan maraknya mobil baru, hiburan seperti bioskop. Alih-alih pacaran di rumah di bawah pengawasan orang tua, orang dewasa muda meninggalkan rumah dan dapat mengeksplorasi seksualitas mereka dengan lebih bebas.

Munculnya feminisme pada tahun 1960 juga menjadi faktor. Orang dewasa muda menjadi lebih bebas secara seksual, dengan ketersediaan alat kontrasepsi yang tersebar luas. Saat ini, perilaku seksual di luar komitmen (menikah) menjadi semakin khas dan dapat diterima secara sosial masyarakat Barat.

Di Amerika Serikat, usia ketika orang pertama kali menikah dan bereproduksi telah didorong mundur secara dramatis, sementara pada saat yang sama usia pubertas telah menurun, menghasilkan era di mana orang dewasa muda secara fisiologis mampu bereproduksi tetapi tidak siap secara psikologis atau sosial untuk menetap dan memulai sebuah keluarga.

Pergeseran perkembangan ini, menurut penelitian, adalah beberapa faktor yang mendorong peningkatan hubungan seksual, atau pertemuan seksual tanpa komitmen, bagian dari perubahan budaya populer yang telah menyusup ke kehidupan orang dewasa yang baru muncul di seluruh dunia Barat.

Hookup menjadi lebih berakar dalam budaya populer, yang mencerminkan kecenderungan seksual yang berkembang dan perubahan sosial. Media telah menjadi sumber pendidikan seks, yang seringkali dipenuhi dengan penggambaran seksualitas yang tidak tepat. Tema buku, plot film dan acara televisi, dan lirik dari banyak lagu semuanya menunjukkan seksualitas yang permisif di antara konsumen. Media menyarankan bahwa seks tanpa komitmen, atau hubungan seks, dapat menyenangkan baik secara fisik maupun emosional dan terjadi tanpa pemikiran. Apalagi saat ini marak juga aplikasi kencan online.

Hookup nampaknya telah menggantikan istilah ‘seks bebas’, terbukti dari salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Communication.

"Jika Anda mengatakan seks bebas, maka saya tahu persis apa yang Anda katakan," kata Amanda Holman, yang sekarang bekerja di Universitas Nebraska-Lincoln. "Berhubungan secara strategis ambigu, ini adalah cara bagi mereka (siswa) untuk berkomunikasi tentang hal itu tetapi tanpa harus mengungkapkan detailnya."

Jadi Holman dan kolaboratornya, Alan Sillars dari University of Montana, datang dengan definisi mereka sendiri yang sama sekali tidak ambigu.

"Hooking up digunakan untuk menggambarkan pertemuan seksual (seks vagina, anal, atau oral) antara dua orang yang tidak berkencan atau hubungan serius dan tidak mengharapkan apa-apa lagi," kata studi mereka.

Peneliti lain telah menyuarakan keprihatinan di mana tren ini. Sebuah studi baru-baru ini dari University of Iowa menyimpulkan bahwa Amerika Serikat telah melihat perubahan besar bahwa orang-orang menjadi terlibat secara seksual ketika mereka hanya berkencan dengan santai atau tidak berkencan sama sekali.