Dunia Hewan: Mengapa Kucing Tidak Suka Dibelai Bagian Perutnya?

By Utomo Priyambodo, Rabu, 7 September 2022 | 14:00 WIB
National Geographic bertanya kepada para pembaca hal-hal apa saja yang paling membingungkan mereka tentang dunia hewan, terutama mengenai kucing peliharaan mereka. Salah satu jawaban yang muncul, mengapa kucing tidak suka dibelai bagian perutnya. (Lebatihem/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—National Geographic bertanya kepada para pembaca hal-hal apa saja yang paling membingungkan mereka tentang dunia hewan, terutama mengenai kucing peliharaan mereka. Jawabannya beragam. Salah satunya:

Mengapa sebagian kucing tidak suka dibelai atau digosok bagian perutnya?

Ya, banyak manusia sering menganggap kucing aneh. Seolah-olah perilaku manusia sangat logis.

Padahal, mungkin di mata kucing banyak perilaku manusia juga terlihat aneh. Misalnya, mengapa manusia suka mewarnai rambutnya ataupun wajahnya.

Kembali lagi soal kucing yang tidak suka dibelai bagian perutnya, ternyata alasannya ada pada kondisi anabul tersebut.

Folikel rambut di daerah perut dan ekor kucing sangat sensitif terhadap sentuhan. Jadi membelai di sana bisa menjadi rangsangan yang berlebihan, kata Lena Provoost, ahli perilaku hewan di University of Pennsylvania School of Veterinary Medicine.

"Kucing lebih suka dibelai dan digaruk di kepala, khususnya di bawah dagu dan pipi mereka," di mana mereka memiliki kelenjar bau, jelas Provoost.

Menggosok wajah mereka pada sesama kucing "memungkinkan mereka untuk mencampur aroma mereka bersama-sama, yang akhirnya berpuncak pada "aroma koloni" agar mereka mengenali siapa yang termasuk dalam kelompok mereka. Mereka menyambut kita dengan cara yang sama.

Secara keseluruhan, "saran terbaik adalah membaca bahasa tubuh kucing Anda," kata Provoost.

Baca Juga: Dunia Hewan: Inilah Tujuh Binatang yang Punya Profesi Tidak Biasa

Baca Juga: Dunia Hewan: Mengapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya Sendiri?

Baca Juga: Dunia Hewan: Kenapa Kucing Tega Memakan Anak-anaknya Sendiri?