Waspada, Virus Monyet Lainnya dapat Berpotensi Menular ke Manusia

By Wawan Setiawan, Kamis, 6 Oktober 2022 | 09:00 WIB
Beberapa spesies sering berinteraksi dengan manusia dan diketahui menggigit dan mencakar manusia. Ini bisa menjadi awal perpindahan virus. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Keluarga virus yang tidak jelas, sudah endemik pada primata liar Afrika dan diketahui menyebabkan gejala mirip Ebola yang fatal pada beberapa monyet. Bahkan menurut penelitian baru, para peneliti menyerukan kewaspadaan karena virus ini "siap untuk menular" ke manusia. Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Colorado Boulder. Mereka juga telah menerbitkan hasil temuan mereka di jurnal Cell pada 30 September dengan judul Primate hemorrhagic fever-causing arteriviruses are poised for spillover to humans.

Sementara virus arteri semacam itu sudah dianggap sebagai ancaman kritis bagi monyet kera, tidak ada infeksi pada manusia yang dilaporkan hingga saat ini. Dan tidak pasti apa dampak virus pada manusia jika virus itu melompati spesies.

Tetapi para penulis, mengingatkan persamaannya dengan HIV (prekursor yang berasal dari monyet Afrika), tetap menyerukan kewaspadaan. Dengan mengamati arterivirus saat ini, baik pada hewan maupun manusia, komunitas kesehatan global berpotensi menghindari pandemi lain, kata mereka.

“Virus hewan ini telah menemukan cara untuk mendapatkan akses ke sel manusia. Dengan cara menggandakan dirinya sendiri, dan melarikan diri dari beberapa mekanisme kekebalan penting yang kita harapkan untuk melindungi kita dari virus hewan. Itu cukup langka,” kata penulis senior Sara Sawyer, seorang profesor biologi molekuler, seluler dan perkembangan di CU Boulder. "Kita harus memperhatikannya."

Ada ribuan virus unik yang beredar di antara hewan di seluruh dunia, kebanyakan tidak menimbulkan gejala. Dalam beberapa dekade terakhir, peningkatan jumlah telah melonjak ke manusia, mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh yang naif tanpa pengalaman melawannya. Contohnya saja: Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) pada tahun 2012, Sindrom Pernafasan Akut Parah coronavirus (SARS-CoV) pada tahun 2003, dan SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan COVID-19) pada tahun 2020.

Selama 15 tahun, laboratorium Sawyer telah menggunakan teknik laboratorium dan sampel jaringan dari satwa liar dari seluruh dunia untuk mengeksplorasi virus hewan mana yang mungkin rentan berpindah ke manusia.

Untuk studi terbaru, dia dan penulis pertama Cody Warren, kemudian rekan postdoctoral di Institut BioFrontiers di CU, memusatkan perhatian pada arterivirus. Ini umum di antara babi dan kuda tetapi dipelajari di antara primata bukan manusia. Mereka melihat secara khusus pada virus demam berdarah simian (SHFV), yang menyebabkan penyakit mematikan yang mirip dengan penyakit virus Ebola dan telah menyebabkan wabah mematikan di koloni kera penangkaran sejak tahun 1960-an.

Sebuah keluarga virus yang tidak jelas, sudah endemik pada primata liar Afrika dan diketahui menyebabkan gejala mirip Ebola yang fatal pada beberapa monyet. Menurut studi baru virus ini siap menular ke manusia. (Lisa Marshall / UC Boulder)

Studi ini menunjukkan bahwa molekul, atau reseptor, yang disebut CD163, memainkan peran kunci dalam biologi simian arterivirus. Ini memungkinkan virus untuk menyerang dan menyebabkan infeksi sel target. Melalui serangkaian percobaan laboratorium, para peneliti menemukan yang mengejutkan mereka, bahwa virus itu juga sangat mahir menempel pada CD163 versi manusia. Masuk ke dalam sel manusia dan dengan cepat membuat salinan dirinya sendiri.

Seperti human immunodeficiency virus (HIV) dan pendahulunya simian immunodeficiency virus (SIV), simian arterivirus juga muncul untuk menyerang sel-sel kekebalan, melumpuhkan mekanisme pertahanan utama dan bertahan dalam tubuh dalam jangka panjang.

   

Baca Juga: Studi Baru Menemukan Bahwa Virus Mungkin Memiliki 'Mata dan Telinga'