Pakai Lumut Hingga Bulu Binatang, Cara Manusia Kuno Bersihkan BAB

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 9 September 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi tisu toilet. (Anna Shevts)

Nationalgeographic.co.id—Tisu toilet telah ada di dunia Barat setidaknya sejak abad ke-16 M dan di Tiongkok sejak abad kedua SM. Namun di masa lalu, keberadaan kertas toilet keberadaannya sangat langka. Jadi apa yang digunakan manusia purba untuk menyeka setelah pergi ke kamar mandi?

Sepanjang sejarah, orang telah menggunakan segala sesuatu mulai dari tangan mereka sendiri, tongkol jagung hingga salju untuk membersihkan setelah buang air besar. Salah satu bahan tertua yang tercatat adalah tongkat kebersihan, berasal dari Tiongkok 2.000 tahun yang lalu, menurut sebuah studi tahun 2016 di Journal of Archaeological Science: Reports. Tongkat kebersihan, juga disebut slip bambu, adalah tongkat kayu atau bambu yang dibungkus kain.

"Mungkin sulit untuk mengatakannya dengan menggunakan catatan arkeologi,” kata Susan Morrison, profesor sastra abad pertengahan di Texas State University.

"Sebagian besar materi tidak kami miliki karena organik dan hilang begitu saja," kata Morrison kepada Live Science.

Namun, para ahli telah dapat memulihkan beberapa sampel termasuk beberapa dengan jejak kotoran dan penggambaran prekursor tisu toilet dalam seni dan sastra. Selama periode Yunani-Romawi dari 332 SM hingga 642 M, orang Yunani dan Romawi membersihkan buang air besar mereka dengan tongkat lain yang disebut tersorium.

Tersorium memiliki spons di salah satu ujungnya, ditinggalkan di kamar mandi umum untuk penggunaan bersama. Beberapa ahli berpendapat bahwa tersorium mungkin tidak digunakan untuk membersihkan pantat orang, tetapi kamar mandi tempat mereka buang air besar.

Ostraka (juga dieja ostraca) dari abad kelima SM Athena. (Shutterstock)

Orang membersihkan tersorium dengan membuangnya ke dalam ember berisi air garam atau cuka atau dengan mencelupkannya ke dalam air mengalir.

Orang Yunani dan Romawi juga berhias dengan potongan keramik yang dibulatkan berbentuk lonjong atau lingkaran, yang disebut pessoi. Para arkeolog telah menemukan pessoi dengan bekas kotoran di atasnya, dan sebuah cangkir anggur kuno menampilkan seorang pria menyeka pantatnya dengan pessoi.

Orang Yunani mungkin juga menyekanya dengan ostraka, potongan keramik yang mereka tulis dengan nama musuh mereka. Namun, bahan keramik ini mungkin telah merusak pantat dari waktu ke waktu, sehingga menyebabkan iritasi kulit dan wasir.

Baca Juga: Dampak Buang Tisu Basah ke Lubang Toilet: Timbunan Seperti Lemak yang Sebabkan Penyumbatan

Baca Juga: Mengenal Groom of The Stool, Profesi Menyeka Kotoran Raja Inggris