Harta Karun Koin Emas Rp4,3 Miliar Ditemukan di Bawah Lantai Dapur

By Utomo Priyambodo, Selasa, 20 September 2022 | 16:00 WIB
Harta karun koin emas yang ditemukan di bawah lantai sebuah rumah di Inggris. (Courtesy Spink & Son)

Nationalgeographic.co.id—Ketiban rezeki nomplok. Seperti itulah yang dialami oleh para pemilik sebuah rumah tua di Inggris.

Saat sedang melakukan renovasi rumah, menemukan setumpuk koin emas yang tersembunyi di bawah papan lantai kayu dapur mereka. Sebuah rumah lelang memperkirakan timbunan koin emas it bernilai sekitar 290.000 dolar AS (Rp4,3 miliar).

Harta karun ini diyakini sebagai salah satu timbunan koin emas Inggris abad ke-17 dan ke-18 terbesar yang pernah ditemukan di Inggris. Menurut laporan CNN, timbunan harta karun ini mencakup lebih dari 260 koin emas yang berasal dari zaman kuno antara tahun 1610 dan 1727.

Timbunan koin emas itu ditemukan dari sebuah rumah yang terletak di Ellerby, sebuah desa di North Yorkshire. Harta karun ini pertama kali ditemukan pada tahun 2019.

Saat itu para kontraktor sedang membongkar papan lantai selama proyek renovasi di rumah abad ke-18 itu. Secara kebetulan mereka menemukan sebuah cangkir gerabah berlapis garam yang ukurannya mirip dengan kaleng soda. 

Setelah memeriksa lebih lanjut, para pekerja tersebut menemukan beberapa koin bergemerincing di dalam cangkir. Sebagian besar koin terdiri atas koin 50 dan 100 pound "yang digunakan pada saat itu".

Ada pula sebuah koin Brasil. Koin dari Amerika Latin itu diyakini beredar di Inggris selama tahun 1720-an, menurut pernyataan dari Spink & Son, rumah lelang yang berbasis di London.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa dan benar-benar tak terduga dari lokasi pencarian yang begitu sederhana," ujar Gregory Edmund, juru lelang Spink & Son, seperti diberitakan oleh CNN.

Baca Juga: Selidik Tumpukan Koin Emas Romawi Kuno di Lahan Pertanian di Inggris

Baca Juga: Timbunan Terbesar Koin Emas Anglo-Saxon Ditemukan, Penemunya Dipenjara

Baca Juga: Dua Koin Emas Langka dari Periode Black Death Ditemukan di Inggris

Koin-koin emas dan celengan yang ditemukan di sebuah rumah tua di Inggris. Harta karun ini bernilai sekitar Rp4,3 miliar. (Courtesy Spink & Son)