Penampakan Sanajeh, Ular Pemakan Bayi Dinosaurus Ditemukan di India

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 11 September 2022 | 08:00 WIB
Sanajeh, ular yang memakan bayi dinosaurus (Tyler Keillor/ Ximena Erickson)

 

Nationalgeographic.co.id - Ular telah ada selama hampir 100 juta tahun dan para ilmuwan telah menemukan banyak fosil spesies yang punah. Namun spesimen yang menakjubkan ini berbeda. Ular ini adalah Sanajeh indicus, sebuah genus akhir Cretaceous madtsoiid, ular dari India barat. Pada 2010, fosil ini ditemukan di sarang dinosaurus dan gulungannya mengelilingi tiga telur dan tubuh tukik.

Ular itu berpose sempurna, dengan kepalanya bersandar di atas gulungan dan tubuhnya melingkari telur yang dihancurkan. Semua bagian terawetkan dengan sangat baik dan sangat sedikit ular, dinosaurus, atau telur yang dihancurkan telah berubah bentuk. Semua ini menunjukkan bahwa hewan-hewan itu tidak sadar dan dengan cepat terkubur dalam sedimen.

Tukik yang dimaksud adalah bayi sauropoda bagian dari garis keturunan dinosaurus yang termasuk hewan darat terbesar sepanjang masa. Mungkin titanosaurus, atau dua spesies yang dikenal Isisaurus dan Jainosaurus. Dinosaurus terbesar pun pasti telah menetas dari telur kecil. Tukik yang akan dikirim Sanajeh hanya sepanjang 50 sentimeter, sedangkan ular itu sendiri berukuran 3,5 meter.

Kebanyakan ular modern tidak akan mempermasalahkannya dengan perbedaan ukuran ini. Rahang bawah ular memang dapat mengendur untuk memberi celah besar dan tengkorak mereka juga fleksibel terbuat dari tulang yang dapat bergerak satu sama lain.

Sanajeh sudah setengah jalan untuk mengembangkan spesialisasi ini. Tidak memiliki tengkorak tetap dan celah sempit dari ular modern yang paling primitif, juga tidak dapat membuka mulutnya selebar pemecah rekor saat ini. Meskipun demikian, ia pasti bisa menelan bayi sauropoda dan kemampuan itu membuat Sanajeh mendapatkan namanya. Kata-kata itu adalah bahasa Sansekerta untuk gape kuno dari Indus.

Sanajeh berasal dari 67 juta tahun yang lalu tetapi bahkan setelah tulangnya digali, masih butuh 26 tahun untuk mencapai mata publik. Dhananjay Mohabey pertama kali menggali spesimen yang luar biasa pada tahun 1984, di dekat desa India Dholi Dungri. Dia dengan tepat mengidentifikasi bayi dinosaurus dan sisa-sisa telurnya tetapi tidak memikirkannya lagi.

Ular yang panjangnya mencapai 3,5 meter itu tertimbun tanah longsor saat hendak memangsa bayi sauropoda, (Jeff Wilson/PLoS)

Sifat asli spesimen baru menjadi jelas 17 tahun kemudian, ketika Jeffrey A. Wilson dari University of Michigan mengunjungi Mohabey dan memeriksa ulang spesimen tersebut. Yang membuatnya takjub, dia melihat tulang punggung ular yang khas, terjalin di sekitar bayi itu.

Dikutip melaui arsip Masyarakat Geologi India, para peneliti menemukan blok kedua dengan bentuk potongan lingkaran seperti gulungan ular di sekitar telur dinosaurus yang dihancurkan.

 Baca Juga: Mamalia Paling Awal yang Diketahui Hidup Bersama Dinosaurus Tertua

 Baca Juga: Dinosaurus Spinosaurid Mampu Mengganti Tiga Generasi Gigi dengan Cepat

 Baca Juga: Penemuan Tak Sengaja Fosil Dinosaurus Terbesar Eropa di Halaman Rumah