Ngeri! Inilah Deinosuchus, Buaya Purba Raksasa Memangsa Dinosaurus

By Hanny Nur Fadhilah, Kamis, 8 September 2022 | 15:00 WIB
Rekonstruksi Deinosuchus riograndensis. Nenek moyang aligator Amerika, tidak seperti yang kita lihat pada spesies buaya modern saat ini. (Tyler Stone)

Nationalgeographic.co.id—Deinosuchus, buaya raksasa ini disebut-sebut lebih dekat kekerabatannya dengan aligator Amerika daripada buaya modern. Dengan memiliki gigi seukuran pisng dan moncong yang besar, memangsa dinosaurus yang makan di dekat saluran air mereka.

Itu adalah salah satu dari beberapa temuan yang dipresentasikan dalam sebuah studi baru yang diumumkan minggu ini tentang hewan purba raksasa yang disebut "buaya teror," atau Deinosuchus.

Penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Vertebrate Paleontology, menemukan bahwa Deinosuchus, garis keturunan buaya raksasa dari Amerika Utara, tumbuh hingga 33 kaki panjangnya dan merupakan karnivora terbesar di ekosistemnya, pada akhir periode Cretaceous sekitar 75 meter, sekitar 82 juta tahun yang lalu.

Adam Cossette, ahli paleobiologi vertebrata yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan bahwa Deinosuchus merupakan spesimen besar yang memiliki panjang 30 hingga 35 kaki dan beratnya sekitar 8.000 pon. Sebagai perbandingan, dia mengatakan bahwa buaya besar Amerika saat ini memiliki panjang sekitar 12 hingga 13 kaki, beratnya sekitar 700 hingga 800 pon dan memiliki gigi sekitar tiga inci di ujung moncongnya.

Dia juga mengatakan bahwa reptil purba memiliki kepala yang cukup besar dan rahang yang cukup kuat untuk memangsa dinosaurus yang hidup di antara mereka.

"Deinosuchus adalah raksasa yang pasti meneror dinosaurus yang datang ke tepi air untuk minum," katanya dalam sebuah pernyataan. “Hingga saat ini, hewan lengkapnya belum diketahui. Spesimen baru yang telah kami periksa ini mengungkapkan pemangsa yang aneh dan mengerikan.”

Selain membunuh dinosaurus, hewan, karena ukurannya, mungkin memangsa apa saja yang berkeliaran di jalan mereka. Para peneliti menemukan beberapa bekas gigitan pada cangkang penyu dan tulang dinosaurus.

Mereka juga menemukan bahwa setidaknya tiga spesies Deinosuchus berkeliaran di tempat yang sekarang disebut Amerika Serikat dan Meksiko. Dua spesies hidup di Barat, dari Montana ke Meksiko utara, dan spesies lain hidup di sepanjang dataran pantai Atlantik, dari New Jersey ke Mississippi.

Studi tersebut mengatakan bahwa terlepas dari nama genusnya, yang berarti "buaya teror", makhluk itu lebih dekat hubungannya dengan buaya. Tetapi karena "tengkorak yang sangat besar", mereka tidak terlihat seperti buaya atau aligator.

“Moncongnya panjang dan lebar tetapi mengembang di bagian depan di sekitar hidung dengan cara yang tidak terlihat pada buaya lain, hidup atau punah," menurut para peneliti, menggunakan ejaan alternatif buaya.

Alasan untuk hidungnya yang membesar tidak diketahui, kata para peneliti. Mereka juga tidak tahu mengapa hewan itu memiliki dua lubang besar di ujung moncongnya, di depan hidungnya.

“Lubang-lubang ini unik untuk Deinosuchus,” kata Dr. Cossette. “Penelitian lebih lanjut diharapkan akan membantu kami mengungkap misteri ini.”