Mamalia Paling Awal yang Diketahui Hidup Bersama Dinosaurus Tertua

By Ricky Jenihansen, Jumat, 9 September 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi Brasilodon quadrangularis. (Anatomical Society/Wiley)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah mengidentifikasi mamalia tertua di dunia yang pernah diidentifikasi atau diketahui selama ini. Mamalia paling awal yang diketahui ini hidup bersama dengan dinosaurus tertua sekitar 225 juta tahun yang lalu.

Untuk temuan ini, para ahli menggunakan catatan gigi fosil dalam penemuan baru ini yang dipuji sebagai "sangat signifikan" oleh para peneliti. Identifikasi baru ini menunjukan bahwa mamalia baru ini mendahului mamalia paling awal yang dikonfirmasi sebelumnya sekitar 20 juta tahun.

Temuan ini dilaporkan dalam Journal of Anatomy yang merupakan jurnal akses terbuka. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Diphyodont tooth replacement of Brasilodon—A Late Triassic eucynodont that challenges the time of origin of mammals."

Mamalia ini dinamakan Brasilodon quadrangularis berdasarkan tempat spesimen ditemukan yaitu di Brasil. Brasilodon quadrangularis adalah makhluk kecil mirip tikus, panjangnya sekitar 20 sentimeter (8 inci).

Brasilodon quadrangularis berjalan di bumi 225 juta tahun yang lalu pada saat yang sama dengan beberapa dinosaurus tertua. Temuan ini menjelaskan evolusi mamalia modern, menurut sebuah tim ilmuwan Brasil dan Inggris.

Para ahli yang terlibat dalam penemuan ini dari Natural History Museum di London, King's College London dan Federal University of Rio Grande do Sul di Porto Alegre.

Para ilmuwan mengandalkan petunjuk yang diberikan oleh fosil jaringan keras seperti tulang dan gigi. Ini karena kelenjar mamalia, yang menghasilkan susu, belum terawetkan dalam fosil yang ditemukan hingga saat ini.

Hingga saat ini, Morganucodon telah dianggap sebagai mamalia pertama, dengan gigi terisolasi yang menunjukkan bahwa ia berasal dari sekitar 205 juta tahun. Morganucodon memiliki tubuh kecil seperti gerbil dan wajah panjang mirip dengan tikus atau musang.

Brasilodon quadrangularis hidup 25 juta tahun setelah peristiwa kepunahan massal Permian-Trias yang merupakan kepunahan massal ketiga dan terbesar. Ketika peristiwa itu,lebih dari 90 persen spesies di lautan menghilang dan 70 persen hewan darat mati.

Sebelumnya Morganucodon telah dianggap sebagai mamalia pertama. (NSF)

Sementara itu, Martha Richter, rekan ilmiah di Natural History Museum dan penulis senior di makalah tersebut, mengatakan kepada bahwa quadrangularis Brasilodon sebelumnya diyakini sebagai "reptil tingkat lanjut", tetapi pemeriksaan giginya menunjukkan "secara pasti" bahwa itu adalah mamalia.

"Jika Anda berpikir tentang reptil, mereka memiliki banyak, banyak gigi pengganti yang berbeda sepanjang hidup mereka, tetapi kita mamalia hanya memiliki dua," kata Richter.