Kisah Tragis Lady Jane Grey, Ratu Inggris yang Hanya Berkuasa 9 Hari

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 10 September 2022 | 15:00 WIB
Selama 1.200 tahun, 61 anggota keluarga kerajaan telah menduduki takhta. (Historic UK)

Nationalgeographic.co.id—Kerajaan Inggris telah ada selama lebih dari 1.200 tahun, mencakup 37 generasi. Selama waktu itu, 61 anggota keluarga kerajaan telah menduduki takhta, menurut majalah sejarah Historic UK.

Dari 61 anggota keluarga kerajaan tersebut, Ratu Elizabeth merupakan penguasa inggris terlama. Ia menjadi ratu Inggris selama lebih dari 70 tahun sejak dimakhotai pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey.

"Banyak sejarah monarki adalah tentang perang, siapa yang benar-benar terkuat," sosiolog Laura Clancy dari Lancaster University di Inggris, mengatakan kepada Live Science.

Hal yang sama juga terjadi di Inggris, pertempuran yang tak terhitung jumlahnya telah terjadi untuk memperebutkan mahkota, termasuk Perang Mawar yang terkenal, yang berlangsung dari tahun 1455 hingga 1485 dan bahkan mengilhami Game of Thrones karya George R. R. Martin.

Intrik-intrik di dalam keluarga kerajaan Inggris telah membuat Lady Jane Grey naik takhta secara "terpaksa" dan menjadi "korban politik". Namun Lady Jane Grey, memerintah Inggris hanya selama sembilan hari pada bulan Juli 1553, ia dianggap sebagai penguasa yang memerintah terpendek.

Lady Jane Grey lahir pada tahun 1536 dan meninggal pada 12 Februari 1554. Ia dikenal juga sebagai Lady Jane Dudley setelah menikah atau Ratu Sembilan Hari. Setelah diangkat menjadi ratu, Lady Jane Grey menjadi penguasa de facto Inggris, tetapi hanya selama sembilan hari dari tanggal 10 Juli hingga 19 Juli 1553.

Pada masanya, Lady Jane Grey memiliki reputasi sebagai salah satu perempuan muda paling terpelajar. Ia mengenyam pendidikan humanisme, fasih berbahasa Yunani, Latin, Ibrani, Prancis, dan Italia.

Lady Jane Grey juga dianggap sangat menawan. Ia juga adalah seorang Protestan yang taat yang dianggap sebagai korban politik dan martir setelah kematiannya.

Lady Jane Grey adalah cicit dari Henry VII. Ia juga merupakan adalah putri tertua Henry Grey, Duke of Suffolk pertama, dengan istrinya, Lady Frances Brandon. Lady Frances Brandon merupakan anak pertama dari saudara perempuan Raja Henry VIII, Mary.

Sementara, Raja Edward VI adalah putra tunggal Henry VIII dan menggantikan takhta pada tahun 1547 saat usianya baru 10 tahun, setelah kematian ayahnya tersebut.

Potret Lady Jane Grey. Dia menjadi ratu hanya selama sembilan hari itulah sebabnya dia sekarang disebut sebagai (Getty Images)

Lady Jane Grey Naik Takhta