Elizabeth II di Final Piala FA, Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

By Galih Pranata, Rabu, 14 September 2022 | 10:00 WIB
Persembahan Manchester United kepada Ratu Elizabeth II setelah mangkatnya pada 8 September 2022. Terlihat penyerahan trofi Piala FA kepada Kapten Manchesetr United pada 1963. (Manchester United FC)

Nationalgeographic.co.id—The Football Association Chellenge Cup (FA Cup) atau lebih dikenal dengan julukan Piala FA, merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia. Kompetisi ini pertama kali dimainkan pada musim 1871–1872.

"Piala FA memainkan sistem gugur yang diselenggarakan secara tahunan dalam sepak bola domestik pria di Inggris," tulis Diego Perini kepada BBC dalam artikel berjudul World's oldest football trophy 'not for sale', terbit pada 14 Oktober 2014.

Perhelatan Piala FA selalu meriah sejak dulu dengan kehadiran keluarga Kerajaan Inggris. King George V tercatat sebagai raja Inggris pertama yang menghadiri kompetisi sepak bola tertua di dunia ini.

Raja George V menonton laga final Piala FA pada 25 April 1914 bersama dengan 72.778 penonton lainnya. Sang raja menyaksikan laga final antara Burnley berhadapan dengan Liverpool yang berlangsung di Crystal Palace, London.

Pada laga itu, pertandingan berakhir dengan kemenangan Burnley, dimana mereka unggul 1-0 atas Liverpool. Dari pertandingan final Piala FA itu juga, kehadiran keluarga Kerajaan Inggris dalam Piala FA menjadi tradisi tahunan.

Tradisi itu berlangsung sampai di masa pemerintahan Elizabeth II. Sang Ratu Kerajaan Inggris itu akan hadir dan memberikan trofi Piala FA kepada kapten tim pemenang dalam setiap perayaan finalnya.

Diperkirakan Ratu Elizabeth II mempersembahkan trofi pertama kali dalam helatan perayaan final Piala FA pada tahun 1955, atau tiga tahun setelah dilantiknya sebagai ratu Kerajaan Inggris.

"Ratu Elizabeth II mempersembahkan trofi kebanggaan yang didambakan The Magpies (julukan tim Newcastle United), bertepatan saat pertandingan final Piala FA pertama di Stadion Wembley," tulis Bennet.

Ratu Elizabeth II menyerahkan trofi kepada Jimmy Scoular, kapten Newcastle United pada tahun 1955, sekaligus kehadiran pertama sang ratu dalam final Piala FA, kompetisi sepak bola tertua di dunia. (Getty Images)

Charlie Bennett menulisnya kepada Chronicle Live dalam artikelnya berjudul When Queen Elizabeth II presented Newcastle United the FA Cup trophy in 1955 yang diterbitkan pada 9 September 2022.

Jimmy Scoular, kapten Newcastle United menerima piala itu secara langsung dari Ratu Elizabeth II. Scoular bersama dengan timnya sukses mengalahkan Manchester City dengan skor 3-1.

Sebagaimana tradisi, ratu terus hadir dalam setiap penyelenggaraan final Piala FA selama masa pemerintahannya. "Hampir tujuh dekade Elizabeth II memerintah dan mempersembahkan piala kepada kapten-kapten tim pemenang Piala FA," tulis Ethan Evans.