Kondisi Stres Ibu Saat Hamil Terkait dengan Emosi Negatif pada Bayi

By Wawan Setiawan, Kamis, 15 September 2022 | 10:00 WIB
Ibu hamil yang memiliki fluktuasi stres yang lebih besar dari satu saat ke saat berikutnya disebut labilitas. (Pen Medicine Lancaster General Health)

Nationalgeographic.co.id—Ibu hamil yang memiliki fluktuasi stres yang lebih besar dari satu saat ke saat berikutnya disebut labilitas. Kondisi ini bisa menyebabkan bayi dengan lebih banyak ketakutan, kesedihan, dan kesusahan pada usia tiga bulan. Ini menurut sebuah studi baru di Northwestern University yang meneliti bagaimana lintasan perkembangan anak dimulai bahkan sebelum kelahirannya.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa stres ibu selama kehamilan terkait dengan temperamen dan perilaku bayi. Tetapi ini adalah salah satu studi pertama yang mengukur pengalaman stres ibu secara real time pada banyak kesempatan. Ini memungkinkan untuk melihat lebih dekat apakah perubahan dalam stres ibu selama kehamilan penting bagi perkembangan bayi.

Hasil studi ini dipublikasikan pada 7 September di jurnal Infancy dengan judul Lability of prenatal stress during the COVID‐19 pandemic links to negative affect in infancy.

"Penelitian sering memeriksa stres sebagai konstruksi statis yang tidak berubah - tinggi atau rendah, ada atau tidak ada - tetapi kebanyakan dari kita memiliki banyak pasang surut dalam stres kita tergantung pada apa yang terjadi di sekitar kita," kata penulis utama studi Leigha MacNeill, asisten peneliti profesor ilmu sosial medis di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg dan anggota Institut Inovasi dalam Ilmu Perkembangan Barat Laut (DevSci).

"Keragaman itu melekat dalam kehidupan kita sehari-hari, jadi labilitas ini menangkap aspek penting dari stres dan menawarkan wawasan tentang bagaimana mengukur stres ke depan. Ini sangat penting karena kita bekerja untuk menangkap secara dekat lingkungan ibu-janin yang terkait bagaimana bayi berkembang dari waktu ke waktu." Tambahnya.

"Mungkin ada sesuatu tentang pengalaman kehamilan itu, ketika seorang ibu bergerak di antara ekstrem, yang membentuk disposisi anak terhadap emosi negatif," kata MacNeill. "Pola stres semacam itu dapat mencerminkan ketidakstabilan dalam pengalaman hidup sehari-hari. Stresor eksternal yang tidak dapat diprediksi, atau ketidakstabilan dalam cara seorang ibu memandang pengalaman hidupnya. Ini mungkin memiliki implikasi penting bagi perkembangan emosional anak-anak."

Kondisi ibu hamil yang stress berlebihan dapat memengaruhi perilaku bayi. (Chad Welch / Door County Parents)

Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang sifat stres selama kehamilan dapat menginformasikan upaya pencegahan. Seperti membantu individu mencapai tingkat ketenangan yang konsisten sebelum atau pada awal kehamilan. Terutama dalam konteks peristiwa kehidupan yang tidak terkendali, kata MacNeill. Karena kebanyakan orang tua yang mengharapkan menerima beberapa bentuk perawatan prenatal, katanya, tindakan stres, dan manajemen idealnya, dapat dimasukkan ke dalam daftarnya.

Para ilmuwan tidak melakukan penelitian tentang stres pralahir selama pandemi. Mereka menemukan "eksperimen alami" ini karena beberapa peserta menyelesaikan penilaian mereka sebelum pandemi dimulai; beberapa sebelum dan selama pandemi; dan beberapa sepenuhnya selama pandemi, kata MacNeill.

"Kami bertanya tentang stres umum—bukan stres terkait pandemi," kata MacNeill. "Tetapi kami mengambil keuntungan dari terjadinya pandemi selama penelitian untuk melihat apakah kami dapat mendeteksi dampaknya pada pengalaman ibu. Kami menemukan bahwa pola stres ibu tidak terkait dengan waktu pandemi. Ibu melaporkan tingkat stres yang sama terlepas dari apakah pengukuran stres mereka terjadi sebelum atau selama pandemi."

Penulis penelitian mengukur stres individu hamil hingga empat kali berbeda per hari selama 14 minggu menggunakan pertanyaan yang dikirim ke ponsel peserta. Mereka mengidentifikasi tiga jenis stres: stres pada penilaian pertama (dasar), tingkat stres rata-rata atau tipikal selama periode 14 minggu, dan jumlah stres yang diubah seseorang dari satu waktu ke waktu berikutnya selama periode 14 minggu (labilitas).

Para penulis mengukur emosi negatif bayi melalui kuesioner temperamen yang diberikan kepada ibu ketika bayi mereka berusia tiga bulan. Para ibu menjawab pertanyaan tentang kesedihan anak mereka, kesusahan karena keterbatasan dan ketakutan (misalnya, seberapa besar mereka berpegang teguh pada orang tua mereka ketika diperkenalkan dengan orang dewasa yang tidak dikenal). Ini membentuk skor rata-rata pengaruh negatif secara keseluruhan.