Dampak Perubahan Iklim: Beberapa Gua Es di Austria Terancam Menghilang

By Wawan Setiawan, Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB
Charlotte Honiat dan Tanguy Racine dari Departemen Geologi mengemas sampel es di Tyrolean Guffert Eisschacht untuk analisis lebih lanjut di laboratorium. (Universities of Innsbruck)

Nationalgeographic.co.id—Ada beberapa ribu gua es yang terdokumentasi di seluruh dunia, dan Austria adalah salah satu negara dengan kepadatan gua es tertinggi. Akan tetapi hanya sedikit yang telah dipelajari secara rinci.

Selama beberapa tahun terakhir, tim peneliti dari Universitas Innsbruck dan Belfast kini telah menganalisis secara rinci delapan gua es. Analisis ini dengan morfologi menurun di Tyrol, Styria, Upper Austria dan Carinthia, memilih pendekatan penelitian komparatif.

“Sudah ada beberapa penelitian bagus tentang gua es tunggal. Namun, ini adalah pertama kalinya analisis komparatif dilakukan dan kami fokus pada pengembangan es di beberapa gua yang juga dalam pengaturan yang sebanding: ketinggian yang sama dan kemiringan yang curam hingga vertikal geometri," jelas Tanguy Racine dari Kelompok Riset Kuarter di sekitar Christoph Spötl di Departemen Geologi. Disertasinya membahas topik tersebut secara rinci. Badan es di gua-gua ini terbentuk dari presipitasi padat. Salju turun dan meluncur ke dalam gua di musim dingin. Kemudian berubah menjadi es pada suhu rendah.

Charlotte Honiat dan Tanguy Racine dari Departemen Geologi mengemas sampel es di Tyrolean Guffert Eisschacht untuk analisis lebih lanjut di laboratorium.

Dengan menggunakan metode radiokarbon, tim menentukan usia lapisan es di gua-gua. Di mana gua-gua ini sering kali tebalnya hingga beberapa meter.

"Sampai saat ini, kami fokus pada inklusi terkecil kayu di lapisan es. Usia fragmen kayu ini, yang jatuh ke dalam gua dari luar, dapat ditentukan dengan tepat," jelas Racine. Database besar dari total 107 tanggal inklusi kayu dari es menarik gambaran yang akurat tentang peningkatan dan penurunan es di gua es. Ini yang seringkali disebut keseimbangan massa, selama periode hingga 2000 tahun di masa lalu.

Pendekatan ini memungkinkan tim untuk membuktikan hipotesis bahwa kemajuan gletser yang didokumentasikan secara historis, seperti selama "Zaman Es Kecil," juga diwakili dalam peningkatan massa es di gua-gua es dan bertepatan dalam waktu.

Proses pengambilan sampel es di Tyrolean Guffert Eisschacht untuk analisis lebih lanjut di laboratorium oleh ahli geologi. (Universities of Innsbruck)

“Kita dapat mendokumentasikan pasang surut yang sebanding dalam perkembangan es di gua es dan gletser selama dua milenium terakhir. Untuk keduanya, penting berapa banyak salju yang turun di musim dingin dan seberapa hangat musim panas. Hasilnya juga menunjukkan kami bahwa sebagian besar es bawah tanah di Austria berasal dari "Zaman Es Kecil" antara sekitar abad ke-15 dan ke-19," kata ahli geologi.

Di masa lalu, keseimbangan gua es jelas negatif. "Gletser tidak sendirian dalam menunjukkan keseimbangan massa negatif di atas rata-rata terutama dalam beberapa dekade terakhir. Gua es juga sangat terpengaruh oleh konsekuensi kenaikan suhu dan penurunan curah hujan," kata Racine. “Kami melihat laju penurunan es yang belum pernah diamati dalam periode apa pun dalam periode pengukuran kami selama 2000 tahun terakhir. Untuk memberikan beberapa contoh: Pemantauan di Guffert Eisschacht di Steinberg am Rofan menunjukkan penurunan hampir tiga meter di permukaan salju antara 2019 dan 2021. Sementara Eisgruben Eishöhle di Sarstein di Austria Atas telah kehilangan 10 meter ketebalan es dalam 40 tahun. Hilangnya es di Kraterschacht di Pegunungan Sengsen di Austria Atas adalah 20 meter dalam 20 tahun."

Penjelasan untuk perkembangan ini, analog dengan gletser, adalah perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. "Khususnya untuk gua es berukuran sedang dan lebih kecil, kita harus berasumsi bahwa mereka akan kehilangan massa es secara besar-besaran atau bahkan menjadi benar-benar bebas es dalam beberapa tahun hingga beberapa dekade mendatang," jelas Racine. "Jam berdetak kencang."