Insulin Baru Berbentuk Tablet Berfungsi Sama Seperti yang Disuntikan

By Ricky Jenihansen, Kamis, 15 September 2022 | 08:00 WIB
Insulin tablet diserap dengan cara yang sama seperti insulin yang disuntikan. (JUST)

Nationalgeographic.co.id—Tim yang mengembangkan tablet insulin menemukan bahwa insulin versi terbaru mereka berfungsi sama seperti seperti yang disuntikan. Pengembangan tablet insulin oral sebagai pengganti suntikan insulin harian telah mengubah metode pengobatan.

Para peneliti University of British Columbia yang mengembangkan tablet insulin oral menguji obat tablet tersebut pada tikus. Mereka menemukan bahwa insulin tablet diserap dengan cara yang sama seperti insulin yang disuntikan.

Laporan penelitian mereka telah diterbitkan di jurnal bergengsi Nature Scientific Reports. Publikasi tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang diterbitkan dengan judul "Production of high loading insulin nanoparticles suitable for oral delivery by spray drying and freeze drying techniques."

"Hasil menarik ini menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar dalam mengembangkan formulasi insulin yang tidak perlu lagi disuntikkan sebelum setiap makan," kata profesor Anubhav Pratap-Singh, peneliti utama dari faculty of land and food systems.

"Meningkatkan kualitas hidup, serta kesehatan mental, lebih dari sembilan juta penderita diabetes tipe 1 di seluruh dunia."

Dia menjelaskan inspirasi di balik pencarian insulin non-suntik berasal dari ayahnya penderita diabetes yang telah menyuntikkan insulin 3-4 kali sehari selama 15 tahun terakhir.

Menurut Alberto Baldelli, seorang rekan senior di lab Pratap-Singh, mereka sekarang melihat hampir 100 persen insulin dari tablet mereka langsung masuk ke hati. Dalam upaya sebelumnya untuk mengembangkan insulin yang dapat diminum, sebagian besar insulin akan menumpuk di perut.

"Bahkan setelah dua jam melahirkan, kami tidak menemukan insulin di perut tikus yang kami uji. Semuanya ada di hati dan ini adalah target ideal untuk insulin -itulah yang benar-benar ingin kami lihat," kata Yigong Guo, penulis pertama studi ini dan kandidat PhD yang bekerja dalam proyek ini.

Ilustrasi diagnosa diabetes. (Thinkstock)

Dalam hal pemberian insulin, suntikan bukanlah yang paling nyaman atau mudah untuk pasien diabetes. Tetapi dengan beberapa alternatif insulin oral lainnya yang juga sedang diuji dan dikembangkan, tim UBC bekerja untuk memecahkan di mana dan bagaimana memfasilitasi tingkat penyerapan yang lebih tinggi.

Tim Pratap-Singh mengembangkan jenis tablet yang berbeda yang tidak dibuat untuk ditelan, melainkan larut saat diletakkan di antara gusi dan pipi.

Metode ini menggunakan selaput tipis yang terdapat di dalam lapisan pipi bagian dalam dan bagian belakang bibir (juga dikenal sebagai mukosa bukal). Ini mengirimkan semua insulin ke hati tanpa membuang atau menguraikan insulin apa pun di sepanjang jalan.