Astronom Temukan Bukti Baru dari Planet Bayi dalam Proses Pembuatannya

By Wawan Setiawan, Jumat, 16 September 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi tentang planet kecil mirip Saturnus yang ditemukan dalam sistem LkCa 15. Planet ini berada di dalam cincin padat debu dan gas yang mengelilingi bintang kuning cerah. (M.Weiss/Center for Astrophysics | Harvard & Smithsonian)

Nationalgeographic.co.id—Para astronom setuju bahwa planet dilahirkan dalam cakram protoplanet. Itu adalah cincin debu dan gas yang mengelilingi bintang muda yang baru lahir. Sementara ratusan cakram ini telah terlihat di seluruh alam semesta. Namun pengamatan kelahiran dan pembentukan planet yang sebenarnya terbukti sulit dilakukan dalam lingkungan ini.

Tapi belum lama ini, para astronom di Pusat Astrofisika | Harvard & Smithsonian telah mengembangkan cara baru untuk mendeteksi planet-planet baru lahir yang sulit dipahami tersebut. Dengan itu, bukti nyata dari planet kecil seperti Neptunus atau Saturnus bersembunyi di dalam cakram. Hasilnya telah dijelaskan di jurnal The Astrophysical Journal Letters dengan judul ALMA Detection of Dust Trapping around Lagrangian Points in the LkCa 15 Disk.

"Mendeteksi langsung planet muda sangat menantang dan sejauh ini hanya berhasil dalam satu atau dua kasus," kata Feng Long, rekan postdoctoral di Center for Astrophysics yang memimpin studi baru. "Planet-planet selalu terlalu redup untuk kita lihat karena mereka tertanam dalam lapisan tebal gas dan debu."

Para ilmuwan malah harus mencari petunjuk untuk menyimpulkan sebuah planet berkembang di bawah debu.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat banyak struktur muncul di piringan yang kami pikir disebabkan oleh kehadiran planet, tetapi bisa juga disebabkan oleh hal lain," kata Long. "Kami membutuhkan teknik baru untuk melihat dan mendukung bahwa sebuah planet ada di sana."

Untuk studinya, Long memutuskan untuk memeriksa kembali piringan protoplanet yang dikenal sebagai LkCa 15. Terletak 518 tahun cahaya, piringan itu berada di konstelasi Taurus di langit. Para ilmuwan sebelumnya melaporkan bukti pembentukan planet di piringan menggunakan pengamatan dengan ALMA Observatory.

Kiri: citra komposit sistem planet muda LkCa 15. Kanan: memperbesar citra komposit pengamatan LBT dan Magellan, dengan tanda LkCa 15b, c, dan d. (Stephanie Sallum et al.)

Setelah lama menyelami data ALMA resolusi tinggi baru pada LkCa 15, akhirnya diperoleh terutama pada 2019. Ilmuwan menemukan dua fitur samar yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Sekitar 42 unit astronomi keluar dari bintang. Atau 42 kali jarak Bumi dari Matahari. Long menemukan cincin berdebu dengan dua kumpulan materi yang terpisah dan terang mengorbit di dalamnya. Bahannya berbentuk gumpalan kecil dan busur yang lebih besar, dan dipisahkan oleh 120 derajat.

Long memeriksa skenario dengan model komputer untuk mencari tahu apa yang menyebabkan penumpukan material dan mengetahui bahwa ukuran dan lokasinya cocok dengan model keberadaan planet.

"Busur dan rumpun ini dipisahkan sekitar 120 derajat," katanya. "Tingkat pemisahan itu tidak terjadi begitu saja - ini penting secara matematis."

Titik panjang ke posisi di ruang angkasa yang dikenal sebagai titik Lagrange, di mana dua benda yang bergerak seperti bintang dan planet yang mengorbit menghasilkan daerah daya tarik yang ditingkatkan di sekitar mereka. Tempat materi dapat terakumulasi.