Dunia Hewan: Serangga Tropis Sangat Sensitif Terhadap Perubahan Iklim

By Wawan Setiawan, Kamis, 15 September 2022 | 15:38 WIB
Gambar serangga yang berkemampuan kamuflase. Sebagian besar serangga dunia tinggal di daerah tropis, namun sebagian besar penelitian dunia hewan yang mendokumentasikan penurunan mereka telah dilakukan di daerah beriklim sedang. (Felicity Newell)

Nationalgeographic.co.id—Serangga yang beradaptasi dengan lingkungan yang selalu basah seperti hutan hujan tropis, cenderung tidak berkembang biak dengan baik saat lingkungan sekitarnya mengering. Penelitian baru dunia hewan yang diterbitkan di jurnal Global Change Biology pada 14 September menunjukkan bahwa mereka mungkin sama-sama menolak hujan lebat. Makalah hasil studi tersebut diberi judul Wet and dry extremes reduce arthropod biomass independently of leaf phenology in the wet tropics.

Hasil studi ekstensif selama lima tahun yang dilakukan di Peru ini mengungkapkan penurunan 50% dalam biomassa artropoda. Ini terjadi setelah periode singkat kekeringan dan peningkatan curah hujan.

Studi ini merupakan salah satu dari sedikit studi tentang lingkup ini yang dilakukan di daerah tropis. Temuan ini pun menunjukkan bahwa artropoda darat, kelompok yang mencakup serangga dan laba-laba. Mereka ternyata lebih rentan terhadap perubahan iklim daripada yang diduga sebelumnya.

"Sebagian besar waktu ketika kita berpikir tentang perubahan iklim, kita berpikir tentang pemanasan suhu. Tetapi pola curah hujan juga akan berubah, yang merupakan sesuatu yang tampaknya sangat sensitif bagi serangga," kata Felicity Newell, rekan postdoctoral dan mantan mahasiswa doktoral dengan Museum Sejarah Alam Florida. "Kami melihat bahwa curah hujan yang ekstrem dapat memiliki efek negatif dalam rentang waktu yang sangat singkat."

Para peneliti memasukkan semua artropoda darat dalam analisis dunia hewan mereka, termasuk laba-laba banyak tetapi umumnya kecil yang menghuni hutan awan Andes. (Felicity Newell)

Penemuan preferensi Goldilocks untuk jumlah air yang tepat memulai debutnya dengan latar belakang penurunan populasi yang mengkhawatirkan. Selama dua dekade terakhir, ribuan penelitian telah mendokumentasikan penurunan dan kepunahan serangga di setiap benua kecuali Antartika. Ini merupakan sebuah pola yang oleh beberapa orang disebut sebagai kiamat serangga.

Hasil ini melukiskan gambaran yang gamblang tetapi tidak lengkap. Sebagian besar penelitian ini telah dilakukan di daerah beriklim sedang yang padat penduduknya. Sementara ekosistem yang paling beragam di planet ini - daerah tropis - kurang mendapat perhatian.

Setengah dari semua keanekaragaman serangga berada di daerah tropis. Sebagai hasilnya, para ilmuwan mengetahui banyak tentang hanya sebagian kecil dari spesies serangga yang terancam. Ketidakseimbangan ini membatasi pemahaman tentang bagaimana serangga akan menghadapi masalah kompleks perubahan iklim.

"Salah satu tantangan terbesar adalah faktor abiotik seperti suhu dan curah hujan memengaruhi banyak hal. Mereka dapat memengaruhi pertumbuhan daun baru dan artropoda yang memakannya. Dalam sistem beriklim sedang, sulit untuk memisahkan keduanya karena mereka sering sangat sinkron," kata Newell.

Felicity Newell, seorang peneliti dunia hewan dengan cermat mengumpulkan spesimen dalam berbagai cara, termasuk metode pemukulan cabang, yang ditunjukkan di sini. Cara ini untuk mengusir serangga yang sedang memakan daun. (Felicity Newell)

Di zona beriklim sedang, musim berjalan dengan langkah yang ketat. Kehidupan bergerak dan berkembang di musim semi dan musim panas. Kemudian memudar dan terbengkalai di musim gugur dan musim dingin. Di dekat khatulistiwa, perubahan tahunan kurang terasa. Musim hujan dan kemarau menciptakan variasi berirama, tetapi suhu yang konsisten memungkinkan tanaman mempertahankan daunnya dan ekosistem tropis tetap aktif sepanjang tahun.

Dengan pasokan makanan nabati yang konstan, setiap peningkatan atau penurunan besar dalam kelimpahan serangga lebih mungkin disebabkan oleh perubahan iklim. Untuk ilmuwan seperti Newell yang ingin memahami bagaimana perubahan iklim akan memengaruhi populasi serangga, daerah tropis adalah tempat yang ideal untuk belajar.