Sejarah Rambut Mohawk, Berawal dari Temuan Mumi Hingga Suku Indian

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 17 September 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi gaya rambut mohawk. (ArtPhotoDesign)

Nationalgeographic.co.id - Gaya rambut Mohawk ternyata memiliki sejarah kuno yang mengejutkan. Sementara kebanyakan orang berpikir gaya rambut Mohawk diciptakan oleh punk antikemapanan pada 1970-an, kisah nyata Mohawk (atau Mohican jika di Inggris) sebenarnya jauh lebih rumit.

Mohawk adalah gaya rambut di mana kedua sisi kepala dicukur, meninggalkan potongan rambut yang lebih panjang di tengah. Bukti tren ini telah ditemukan di berbagai penjuru dunia, dari Celtic Irlandia hingga Cossack Ukraina.

Tubuh rawa Clonycavan Man, menampilkan apa yang diklaim beberapa orang sebagai Mohawk pertama di dunia, di Museum Nasional Irlandia. (Bob White)

Terbukti ketika penemuan tubuh rawa Zaman Besi yang secara tidak sengaja ditemukan di Irlandia pada tahun 2003 silam, salah satu fitur yang paling mencolok adalah rambutnya. Terlepas dari kematiannya yang mengerikan, sisa-sisa Manusia Clonycavan berhasil bertahan dalam kondisi yang mengejutkan selama 2.300 tahun dengan apa yang dijuluki Mohawk pertama di dunia. Ini tampaknya tidak mungkin, tetapi bagaimanapun tengkorak itu mengalami dekalsifikasi dan kuncir kudanya yang tinggi diratakan dari waktu ke waktu.

Lukisan Surat Balasan Kazaki Zaporozhia, yang menampilkan Cossack Ukraina dengan gaya rambut oseledet mereka, (Public domain)

Pada abad ke-5 SM, Herodotus menulis bahwa di Libia utara suku Macai juga mengenakan apa yang digambarkan sebagai gaya rambut Mohawk. Gaya rambut serupa juga dilakukan oleh Cossack Ukraina abad ke-16, dikatakan telah mencukur kepala mereka dan meninggalkan potongan rambut panjang di tengah yang kemudian dikepang menjadi jambul. Dikenal sebagai oseledets, gaya rambut ini tampaknya berasal dari Abad Pertengahan, dan telah dikooptasi sebagai simbol perlawanan terhadap Rusia.

Nama Mohawk berasal dari sisi lain Atlantik dengan penduduk asli Amerika, di mana rambut secara historis sangat penting. Gaya rambut bervariasi dari satu suku ke suku lainnya dan memotong rambut sering dianggap sebagai tanda kesedihan atau rasa malu.

 Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Gaya Rambut ‘Coronavirus’ Populer di Afrika Timur

 Baca Juga: Maskulinitas Rambut Panjang Pria Sparta Menjelang Peperangan

 Baca Juga: The Hairy Eagle, Karya Seni Unik dari Rambut Abraham Lincoln

Beberapa kesalahan penerjemahan budaya dan ketidaktahuan orang kulit putih yang biasa, Mohawk telah dikaitkan dengan suku Indian. Suku Mohawk merupakan salah satu bagain dari penduduk asli Amerika atau disebut juga Kanien'kehá:ka. Kini lokasi tersebut berada di tempat yang sekarang menjadi Negara Bagian New York dan sebagian Kanada.

Seorang pejuang Pawnee dengan gaya rambut Mohawk tradisionalnya, dalam lukisan tahun 1832 karya George Catlin. (Public domain)