Selidik Hemisfer, Mengapa Belahan Otak Manusia Tidak Simetris?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 18 September 2022 | 10:00 WIB
Beberapa fungsi diproses lebih banyak di sisi kiri, yang lain lebih banyak di kanan. (public domain)

Nationalgeographic.co.id—Tubuh manusia sepintas terlihat simetris, dengan dua lengan, dua kaki, dua mata, dua telinga, dan bahkan hidung dan mulut tampak seperti bayangan cermin dengan sumbu imajiner. Termasuk otak manusia, yang juga diketahui terbagi menjadi dua bagian yang ukurannya kira-kira sama, dengan alur yang mengikuti pola yang sama, tetapi ternyata itu menipu.

Nyatanya, daerah otak yang berbeda memiliki perbedaan yang halus, tetapi relevan secara fungsional antara sisi kiri dan kanan. Kedua belahan otak khusus untuk fungsi yang berbeda.

Perhatian spasial, misalnya, sebagian besar diproses di belahan kanan pada kebanyakan orang, sementara bahasa sebagian besar diproses di kiri.

Dengan cara ini, pekerjaan dapat didistribusikan secara lebih efektif ke kedua bagian dan dengan demikian rentang tugas diperluas secara keseluruhan. Jadi, meskipun otak dibagi menjadi dua bagian, itu bukan bayangan cermin.

Beberapa fungsi diproses lebih banyak di sisi kiri, yang lain lebih banyak di kanan. Para ilmuwan kini telah menemukan dasar-dasar asimetri otak yang diwariskan dan seberapa banyak kita berbagi dengan monyet.

Laporan studi mereka telah diterbitkan di eLife dengan judul "Heritability and cross-species comparisons of human cortical functional organization asymmetry" belum lama ini.

Dijelaskan, kecenderungan daerah otak untuk memproses fungsi-fungsi tertentu lebih banyak di belahan kiri atau kanan, bervariasi pada setiap orang.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa ini, pada gilirannya, juga dapat mempengaruhi fungsi itu sendiri. Misalnya, kurangnya asimetri kiri area bahasa tertentu diamati pada disleksia.

Lateralisasi otak yang tidak memadai juga tampaknya berperan dalam penyakit seperti skizofrenia dan gangguan spektrum autisme atau hiperaktif pada anak-anak.

Sampai sekarang, bagaimanapun, belum jelas berapa banyak varians asimetri otak, antar-individu, yang diwariskan dan berapa banyak yang disebabkan oleh tuntutan yang berbeda? Lebih jauh, apakah fitur serupa dari asimetri otak juga ada pada monyet?

Studi menemukan variasi halus dalam organisasi fungsional belahan otak kiri dan kanan. (Max Planck Society)

Para ilmuwan di Institut Max Planck untuk Ilmu Kognitif dan Otak Manusia (MPI CBS) dan Forschungszentrum Juelich (FZJ) kini telah menyelidiki asimetri gradien fungsional.