Doppelganger: Bukan 'Kembar' Wajah Saja, Tapi Miliki Perilaku Sama

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 19 September 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi doppelganger. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id - Pada tahun 2019, sebuah film berjudul Us dirilis di AS. Ini adalah film horor tentang keluarga berempat yang diteror oleh keluarga doppelganger jahat berempat. Doppelganger adalah kata Jerman yang berarti ganda atau mirip dengan orang hidup yang sebenarnya. Doppelganger tidak terkait secara biologis dengan orang hidup yang mirip dengan mereka.

Ilmu Doppelganger

Topik doppelganger telah beralih dari seni pembuatan film ke fokus penelitian ilmiah. Doppelganger juga dikenal dengan sebutan kembaran non-keluarga.

Para peneliti menggunakan sepasang foto mirip yang berasal dari koleksi wajah-wajah seniman fotografi Kanada selama beberapa dekade. Akan tetapi para peneliti tidak berpikir itu cukup atau terdengar ilmiah untuk mengandalkan pasangan wajah agar mirip hanya berdasarkan persepsi wajah manusia. Sebagai gantinya, mereka menggunakan tiga program perangkat lunak pengenalan wajah berbeda yang dirancang untuk klasifikasi wajah, pengawasan, dan analisis wajah umum.

Kita semua mungkin memiliki seseorang yang memberi tahu kita bahwa kita terlihat seperti seseorang, bahkan jika kita mungkin tidak setuju. Ilmu pengetahuan juga menunjukkan bahwa otak manusia mungkin menganggap dua orang mirip, tetapi algoritma dari perangkat lunak pengenalan wajah mungkin mengatakan tidak, mereka tidak cocok. Inilah yang terjadi pada 16 pasang wajah yang diteliti dalam penelitian tersebut. Namun, ketidak konsistenan antara penilaian perangkat lunak dan penilaian manusia tidak mengejutkan, karena manusia membawa pengalaman psikologis kita sendiri untuk memengaruhi apa yang kita persepsikan terhadap orang, tempat, dan hal-hal yang terlihat.

Software Mengungkap Wajah-wajah Ini Mirip

Melalui program perangkat lunak, para peneliti menemukan bahwa 16 pasang wajah memiliki skor yang mirip dengan kembar identik yang diidentifikasi menggunakan perangkat lunak yang sama. Para peneliti menemukan 16 pasang doppelganger ini memiliki lebih banyak kesamaan gen yang dikodekan secara acak daripada 16 pasang wajah lainnya, yang menurut perangkat lunak tidak cocok.

Budaya dan Lingkungan Sama Pentingnya dengan Biologi

Epigenetika adalah studi tentang bagaimana lingkungan (pengalaman budaya termasuk kesulitan, trauma, hak istimewa, kekayaan, dan kemiskinan) dan perilaku dapat menyebabkan perubahan dalam cara kerja gen seseorang.

Jadi, orang yang mirip seharusnya tidak diharapkan sama dalam siapa mereka atau bagaimana mereka berpikir dan mengekspresikan emosi. Akan tetapi jika mereka juga memiliki pengalaman manusia yang serupa, mungkin saja ada beberapa perilaku atau kepribadian serupa.

Mikrobioma adalah mikroorganisme yang dapat memengaruhi genetika dan fungsi saraf kita. Virus dan bakteri dari udara dan air dalam konteks geografis yang berbeda juga dapat memengaruhi bagaimana orang yang mirip berperilaku dan mengekspresikan aspek lain dari kemanusiaan mereka.

Mungkin ada lebih banyak kemiripan daripada yang dikenali karena budaya dan konteks dapat mengaburkan kesamaan fisik. Misalnya, lintas budaya dan konteks, gaya rambut dan norma pakaian dapat bervariasi sehingga mungkin lebih sulit untuk mengenali seberapa mirip dua orang yang mungkin berasal dari budaya berbeda.