Kisah Pilu Para Gadis Korek Api yang Rahangnya Busuk karena Uap Fosfor

By Sysilia Tanhati, Jumat, 23 September 2022 | 08:00 WIB
Saat Revolusi Industri, kesejahteraan buruh tidak diperhatikan. Salah satunya adalah contoh kasus gadis korek api yang rahangnya busuk karena uap fosfor. (Wellcome Collection gallery )

Nationalgeographic.co.id - Revolusi industri membawa inovasi besar-besaran bagi kehidupan manusia. Selama periode ini, terjadi banyak perubahan di bidang pertanian, manufaktur, hingga teknologi. Tak ayal, perubahan ini turut berdampak pada ekonomi, sosial, dan budaya. Namun tidak semua orang menikmati manisnya Revolusi Industri ini. Misalnya para gadis korek api di London yang bekerja 14 jam sehari sambil menghirup gas fosfor beracun yang mematikan. Kisah pilu para gadis korek api yang rahangnya busuk karena uap fosfor ini menggugah aktivis HAM.

Pabrik korek api di London

Pada tahun 1860-an ada beberapa perusahaan pembuat korek api di London timur, Bryant and May termasuk di antara tiga yang terbesar.

Dalam proses produksinya, Bryant and May menggunakan banyak tenaga buruh. Pria dan anak laki-laki melakukan proses pencampuran, pencelupan, dan pengeringan. Sementara wanita dan anak perempuan mengeluarkan korek api dari bingkai dan menempatkannya di dalam kotak. Mayoritas buruh pabrik adalah wanita dan anak perempuan (14 tahun). Pabrik juga menggunakan buruh rumahan untuk membuat kotak korek api.

Pada tahun 1880 Bryant and May telah menjadi salah satu produsen korek api terbesar yang menggunakan fosfor putih beracun. Perusahaan ini juga mengadopsi mesin baru dan mengambil alih perusahaan saingannya yang lebih kecil.

Memiliki kekuasaan besar, Bryant and May mampu memaksa buruh untuk bekerja dengan upah kecil. “Mereka bahkan menurunkan upah buruh-buruh yang bekerja selama 14 jam sehari itu,” tutur Iawal Moshood di laman History of Yesterday. Berkat monopoli, Bryant and May bahkan membayar upah lebih rendah daripada 12 tahun sebelumnya.

Uap beracun yang mematikan dari fosfor putih pada korek api

Ujung korek api terbuat dari fosfor putih agar dapat menyala dengan baik. Uap yang dikeluarkan oleh senyawa ini sangat beracun dan mematikan bagi pekerjanya. Efeknya, sebagian besar gadis-gadis buruh itu menunjukkan gejala aneh yang disebut rahang Phossy.

Ujung korek api terbuat dari fosfor putih agar dapat menyala dengan baik. (Erick Zajac)

Gejala utama yang tampak jelas adalah tulang rahang mulai membusuk, mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ini menyebabkan cacat pada wajah dan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Rumah sakit di wilayah tersebut mencatat tingginya korban industri korek api. Saat itu, tidak ada pengobatan pasti selain mencabut rahang sebelum efeknya menyebar ke otak dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

 Baca Juga: Gerakan Chicano 1968: Suara Siswa Menuntut Kesetaraan Pendidikan