Elagabalus, Kaisar Romawi yang Paling Iseng dan Penuh Lelucon

By Galih Pranata, Kamis, 22 September 2022 | 14:00 WIB
Tampilan modern Elagabalus dan lukisan The Roses of Heliogabalus oleh Alma-Tadema di latar belakang. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Kehidupan Romawi selalu menyimpan kisah-kisah menarik nan menakjubkan. Tak jarang kisah-kisahnya membuat kita takjub, merasa ngeri hingga bikin melongo.

Sebut saja salah satu kaisar Romawi yang unik bernama Elagabalus (204-222 M). Ia sudah dinyatakan sebagai kaisar Romawi ketika dia baru berusia empat belas tahun. Usia yang masih terlalu dini untuk menjadi pemimpin Romawi yang tangguh.

"Dia belum dipersiapkan atau dipersiapkan untuk pekerjaan itu, dan sampai dia diangkat ke atas takhta, dia telah menjadi pendeta dewa matahari Suriah Elagabalus," tulis Khalid Elhassan kepada History Collection.

Khalid menulisnya dalam sebuah artikel yang berjudul "Every Day Life in Ancient Rome was More Scandalous than Historians Let On" yang diterbitkan pada 8 Juli 2022. Tentu, suatu konsekuensi yang harus diterima oleh Kekaisaran sebesar Romawi dengan menetapkan pemimpin mereka yang masih belia dan belum siap.

Meskipun dia tidak sekejam beberapa penguasa Romawi yang lebih kejam—dia bukan Caligula atau Commodus yang kejam secara serampangan—Elagabalus sesekali menunjukkan sikap kejam.

Elagabalus juga merupakan kaisar yang cukup mandiri, mengingat fakta bahwa dia adalah kaisar Romawi tanpa intervensi siapa pun di atasnya sejak berusia muda (14 tahun), sebuah fakta yang sangat mengejutkan!

Namun, ada hal lain yang mungkin bisa membuat anda terkejut. Elagabalus dikenal dengan leluconnya. Ya, ia dikenal dengan keisengan dan leluconnya, Elagabalus tak ubahnya seorang prankster.

Leluconnya yang agak ringan dari Elagabalus adalah kecenderungannya untuk mendudukkan beberapa tamu makan malamnya yang dianggap lebih angkuh di atas bantal whoopee versi Romawi kuno.

"Itu adalah bantalan khusus yang mengeluarkan suara kentut ketika seseorang duduk di atasnya. Adapun keisengan dan leluconnya yang lebih kejam, seperti yang terlihat di bawah, Elagabalus suka membuat orang takut akan hidup mereka," imbuh Khalid.

 Baca Juga: Lima Kaisar Romawi yang Tangannya Paling Berdarah dalam Sejarah

 Baca Juga: 10 Hal Ini Membuat Kaisar Romawi Marah dan Tak Segan Memberi Hukuman

 Baca Juga: Mengenal Sosok Trajan, Kaisar Romawi Kuno Dengan Gelar Optimus