Dunia Hewan: Lalat Buah Betina Ternyata Agresif dalam Urusan Seksual

By Utomo Priyambodo, Selasa, 27 September 2022 | 15:00 WIB
Lalat buah kawin. (TheAlphaWolf/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Dalam dunia hewan, para pejantan dianggap cenderung lebih agresif dalam urusan seksual ketimbang para betina. Mirip dengan anggapan bahwa pria cenderung lebih agresif dibandig wanita dalam hubungan seksual di antara sepasang manusia.

Namun, para ilmuwan di Champalimaud Center for the Unknown di Portugal memiliki dugaan bahwa hewan betina mungkin tidak sepasif kelihatannya. Oleh karena itu mereka mengerjakan sebuah studi untuk meneliti hal ini.

"Sudah diketahui bahwa lalat buah betina menunjukkan agresi terhadap makanan dan wilayah. Jadi kami bertanya, 'Bagaimana dengan urusan kawin? Mungkinkah mereka juga bersaing untuk pasangan kawin, tetapi dengan cara yang lebih halus yang luput dari perhatian kami sejauh ini?'“ kata Maria Luisa Vasconcelos, penulis senior studi baru.

Hasil penelitian yang diterbitkan pada 26 September 2022 di jurnal Current Biology ini kemudian mengonfirmasi dugaan mereka. "Kami menemukan tipe baru perilaku betina pada lalat buah: persaingan seksual yang agresif," kata Vasconcelos, seperti dikutip dari Phys.org.

Perilaku baru ini terungkap ketika tim menempatkan dua perempuan perawan dan satu pejantan di kamar yang sama. Pada awalnya, si pejantan bergantian merayu kedua betina itu. Pada tahap itu, tidak ada masalah.

Namun, begitu si pejantan mulai bersanggama dengan salah satu dari betina tersebut, betina yang lain menyerang pasangan itu. Si betina menanduk dan mendorong mereka, terutama berfokus pada bagian belakang betina lain, di mana aksi sanggama itu terjadi.

"Ini aneh karena ketika situasinya terbalik—ketika dua pejantan berada di ruangan yang sama dengan satu betina—keduanya dengan penuh semangat mengejar betina itu secara bersamaan. Tapi begitu proses kawin berlangsung, pejantan yang 'kalah' tidak menyerang," papar Vasconcelos.

Hasil awal ini memang mengejutkan, tetapi itu baru permulaan. "Kami ingin memahami keadaan persis apa yang memunculkan perilaku ini,” ujar Miguel Gaspar, seorang mahasiswa doktoral merupakan penulis pertama studi tersebut.

Baca Juga: Dunia Hewan: Suhu Tidur Favorit Lalat Buah, Singkap Misteri Biologi

Baca Juga: Dunia Hewan: Lalat Buah Menyimpan Transfer Gen Bakteri Terbesar

Baca Juga: Jamur Ini Buat Lalat Betina Jadi Zombi dan Menggoda Lalat Jantan 

Tim menguji serangkaian kondisi eksperimental, mencoba menentukan resep yang tepat. Menariknya, salah satu temuan utama mereka adalah bahwa untuk menjadi agresif, betina harus dirayu terlebih dahulu.