Eksekusi Memalukan Pengkhianat Romawi: Dilempar dari Tebing Tarpeian

By Sysilia Tanhati, Kamis, 29 September 2022 | 21:30 WIB
Si terdakwa akan dilemparkan dari Tebing Tarpeian. Biasanya hukuman ini diberikan kepada mereka yang berkhianat. (Ermakvagus)

Nationalgeographic.co.id—Bangsa Romawi tampaknya tidak pernah kekurangan cara untuk menghukum orang yang bersalah. Mulai dari penyaliban, penghapusan memori tentang seseorang, hingga menjadi umpan binatang buas. Selain itu, ada eksekusi yang diberikan untuk kejahatan terburuk atau pengkhiatan. Si terdakwa atau pengkhianat Romawi dilempar dari Tebing Tarpeian. Ini merupakan sebuah tebing di Bukit Capitoline yang diberi nama sesuai dengan mitos Tarpeia.

Menurut sumber-sumber kuno, banyak orang-orang Romawi yang terkenal menemui ajalnya di batu tersohor itu.

Eksekusi di Tebing Tarpeian

Tebing Tarpeian (Rupe Tarpea) adalah tebing curam yang terletak di sisi selatan Bukit Capitoline, tepat di atas Forum Romawi. Selama berabad-abad, lokasi itu digunakan sebagai situs eksekusi.

Orang-orang yang dihukum karena kejahatan dilemparkan dari tebing setinggi 25 meter ke Forum di yang berada di bawahnya. Metode eksekusi menimbulkan rasa malu yang sangat besar. “Seringkali dianggap sebagai nasib yang lebih buruk daripada kematian,” tutur Kaushik Patowary di laman Amusing Planet.

Menghadap ke arah Forum yang jadi pusat pemerintahan, bukit ini jadi tempat ideal untuk tindakan biadab. Eksekusi ini juga menjadi sumber hiburan bagi orang Romawi yang menonton dari bawah. (Wikipedia)

Kesalahan apa yang dilakukan hingga seseorang bisa mendapatkan hukuman seperti itu? Lompat dari Tebing Tarpeian menjadi hukuman untuk kejahatan yang dianggap sangat keji. Misalnya pengkhianatan, pembunuhan, dan sumpah palsu.

Menghadap ke arah Forum yang jadi pusat pemerintahan, bukit ini jadi tempat ideal untuk tindakan biadab itu.

Menaiki Tangga Ratapan menuju lokasi eksekusi

Lokasi sebenarnya masih menjadi banyak perdebatan. Dionysius dari Halicarnassus menggambarkannya menghadap ke Forum. Sedangkan sejarawan percaya bahwa tebing itu berada di sisi tenggara puncak Arx.

Sebuah tebing berada di atas penjara Romawi, dekat gedung senat. Tempat itu dapat dicapai dengan Tangga Gemonian atau Tangga Ratapan (Scalae Gemoniae).

Tangga juga digunakan untuk mengekspos penjahat yang dieksekusi. Jadi, saat menaiki tangga menuju ke tebing, musuh atau masyarakat berkesempatan untuk melecehkan terdakwa.