Platystele peruviana, Spesies Baru Anggrek Terkecil dari Peru

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Platystele peruviana, tampilan depan dan warna alami. (Federico L. Rizo Patrón)

Nationalgeographic.co.id—Peneliti dari Centro Neotropical de Entrenamiento en Humedales mengumumkan telah menemukan spesies baru Anggrek Kecil di hutan Peru. Spesies anggrek tersebut merupakan anggrek terkecil yang ditemukan di negara Amerika Selatan.

Penemuan tersebut telah diterbitkan di jurnal Phytotaxa belum lama ini. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Platystele peruviana sp nov. (Orchidaceae), the smallest orchid from Peru" yang merupakan jurnal akses terbuka.

Spesies baru ini dinamakan Platystele peruviana yang tumbuh di Departemen Pasco Peru. Spesies ini menjadi yang terkecil dalam keluarganya.

Dijelaskan, Platystele pertama kali dijelaskan pada tahun 1910 oleh ahli taksonomi Jerman dan ahli botani Friedrich Richard Rudolf Schlechter. Temuan tersebut terjadi secara eksklusif di Neotropics, didistribusikan dari Meksiko Selatan ke Bolivia, termasuk Antilles.

Antilles atau Antillen adalah sebuah kepulauan yang berbatasan dengan Laut Karibia di bagian selatan dan barat, Teluk Meksiko di bagian barat laut, dan Samudra Atlantik di bagian utara dan timur.

Spesies ini berbeda dari spesies terkait lainnya dengan morfologi bibir bulat telur dengan glenion melingkar dan sepal lateral paralel, subfalcate, dan connate," tulis peneliti.

Sejarah singkat Platystele disediakan bersama dengan deskripsi botani dan ilustrasi spesies baru. Akhirnya, kunci spesies Platystele Peru disediakan, dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Sampai saat ini, ada 140 spesies yang dilaporkan untuk genus ini, hampir 10 spesies diketahui dari Peru. Platystele dikenal sebagai salah satu spesies terkecil dalam keluarga anggrek Orchidaceae.

Faktanya, Platystele jungermannioides dianggap sebagai anggrek terkecil di dunia, dengan ukuran bunga 2,5 mm dan ukuran tanaman lengkap hingga panjang 2,5 cm.

Spesies yang baru dideskripsikan, Platystele peruviana, saat ini dapat dianggap sebagai anggrek terkecil di Peru.

"Sembilan spesies Platystele Peru lebih besar dari 5 cm dari dasarnya," kata Federico Rizo Patrón, peneliti dari Centro Neotropical de Entrenamiento en Humedales.

"Hanya Platystele Psyx yang memiliki tanaman lebih besar dari 2 cm dari pangkal, dan Platystele peruviana hanya 1,4 cm dari pangkal."