Mosaik Kuno Istana Khalifah Islam di Tepi Laut Galilea Ditemukan

By Wawan Setiawan, Jumat, 30 September 2022 | 16:00 WIB
Khirbat al-Minya: Situs penggalian (coklat) dengan kanopi kerai yang terletak di pantai barat laut Laut Galilea - di sini dilihat dari ketinggian Tel Kinneret. (Hans-Peter Kuhnen)

Nationalgeographic.co.id—Dengan bantuan survei permukaan geomagnetik dan penggalian langsung, tim ekskavasi dari Johannes Gutenberg University Mainz (JGU) berhasil mengungkapkan wawasan baru ke dalam area di mana istana khalifah Khirbat al-Minya dibangun di tepi Laut Galilea.

Menurut temuan ini, sudah ada pemukiman yang dihuni oleh penduduk Kristen atau Yahudi di sekitarnya jauh sebelum istana ini dibangun.

"Kali ini kami benar-benar mendapatkan jackpot dengan penggalian kami," kata direktur situs dan arkeolog Profesor Hans-Peter Kuhnen sehubungan dengan hasil usaha terbaru di daerah sekitar istana khalifah Islam awal Khirbat al-Minya di Israel.

Tim arkeolog dari Mainz membuat penemuan besar ini menggunakan metode geomagnetik dan dengan menggali lubang uji berdasarkan temuan tersebut. Mereka menemukan bahwa pada awal abad ke-8 khalifah telah menugaskan pembangunan istananya, dengan masjid yang tergabung dan menara gerbang setinggi 15 meter. Ini tidak seperti yang diduga sebelumnya, ada di lahan greenfield di pantai kosong di Laut Galilea, tetapi berdekatan dan berdampingan dengan pemukiman sebelumnya.

Selama penggalian mereka, tim arkeologi Mainz menemukan struktur batu yang terbuat dari basal yang berasal dari berbagai periode. Lengkap dengan dinding yang diplester, lantai mosaik berwarna-warni, dan tangki air. Tumbuhan yang digambarkan dalam salah satu mosaik sangat luar biasa. Tumbuhan tersebut memiliki batang melengkung yang panjang. Ini sangat khas dari yang juga digambarkan dalam apa yang disebut mosaik pemandangan Sungai Nil yang dibuat pada abad ke-5 hingga ke-6.

Siswa JGU merekam garis besar gambar mosaik – terlihat bentuk gambar tanaman tepi sungai yang tinggi dengan bunga dan daun hijau kecil di tiga batang di bagian yang terbuka. Terlihat juga buritan dan kemudi perahu di kiri bawah. (Hans-Peter Kuhnen)

Tampilan jarak dekat dari mosaik yang menunjukkan tanaman berbunga: Di latar depan adalah jejak tanda yang dibuat oleh beliung ketika mosaik itu sengaja dihancurkan. (Hans-Peter Kuhnen)

Gambar mosaik flora dan fauna asli lembah Nil melambangkan kekuatan yang memberi kehidupan dari sungai besar dengan banjir tahunannya yang menjamin kesuburan pertanian Mesir. Itu menjelaskan mengapa kedua gereja antik akhir, seperti yang ada di Gereja Perkalian di Tabgha di dekatnya, dan tempat tinggal mewah di kota-kota kuno akhir dihiasi dengan mosaik pemandangan Sungai Nil.

Mosaik yang baru ditemukan, bersama dengan temuan keramik terkait yang berasal dari abad ke-5 hingga ke-7, menunjukkan bahwa pemukiman di tepi danau sudah berkembang berabad-abad sebelum pekerjaan di istana khalifah dimulai. Penduduk aslinya adalah orang Kristen atau Yahudi dan mereka kemudian bergabung dengan komunitas Islam kecil. Pintu samping dibangun pada awal abad ke-8 sehingga mereka dapat mengakses masjid istananya. Keramik yang digali telah mengungkapkan bahwa situs tersebut tetap diduduki di bawah kendali Umayyah dan kemudian kekhalifahan Abbasiyah dari abad ke-7 hingga ke-11. Proyek konstruksi baru dimulai pada periode ini di mana bagian dari mosaik menjadi korban beliung yang digunakan oleh ikonoklas yang terinspirasi agama. Bagian dari dinding tua dihancurkan, dan batu-batu diangkut untuk digunakan kembali di tempat lain. Sisa-sisa akhirnya menjadi lokasi kuburan di mana orang mati dimakamkan. Sesuai dengan kebiasaan Muslim, berbaring miring dengan wajah menghadap ke arah Mekah.

Di dekatnya, tim Mainz juga mengekspos tungku yang terbuat dari batu yang digunakan untuk memproses tebu. Skala besar budidaya tebu di Abad Pertengahan ditunjukkan oleh temuan penggalian di Istana Khalifah - yang dilakukan dari tahun 1936 hingga 1939 juga pada tahun 2016 - dan oleh survei geomagnetik Mainz 2019, yang semuanya mengungkapkan bukti puluhan tungku semacam itu beroperasi antara abad ke-12 dan 13/14.

   

Baca Juga: Surat dari Khalifah Umar bin Abdul Aziz kepada Istana Sriwijaya