Dunia Hewan: Karnivora Afrika Kini Berisiko Kehilangan Rentang Spesies

By Wawan Setiawan, Jumat, 30 September 2022 | 13:00 WIB
Anjing liar Afrika berada dalam bahaya kontraksi kisaran 3% di dunia hewan habitat mereka, menurut studi baru. (Nyeema Harris)

 

Nationalgeographic.co.id—Sebuah analisis dunia hewan baru yang dipimpin oleh Yale School of the Environment mengidentifikasi kesenjangan dalam peta. Hal ini membantu memperkirakan kontraksi kisaran untuk spesies Afrika. Studi mereka menemukan bahwa semua spesies yang dipelajari memiliki sebagian dari jangkauan atau rentang spesies yang berisiko dan karnivora kecil memerlukan perhatian lebih.

Rentang spesies adalah area di mana spesies tertentu dapat ditemukan selama hidupnya. Rentang spesies mencakup area di mana individu atau komunitas dapat bermigrasi atau berhibernasi.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan di jurnal PNAS pada 27 September dengan judul Socio-ecological gap analysis to forecast species range contractions for conservation. Penelitian ini dipimpin oleh Nyeema C. Harris dari YSE Knobloch Family Associate Professor of Wildlife and Land Conservation. Para peneliti menilai 91 karnivora Afrika untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam kapasitas yang diperlukan untuk konservasi mereka.

Tim Harris menemukan bahwa bertentangan dengan persepsi saat ini, banyak spesies yang saat ini diklasifikasikan sebagai "paling tidak diperhatikan" di Daftar Merah Spesies Terancam Konservasi Alam Internasional. Mereka memiliki persentase tinggi dari jangkauan mereka yang berisiko mengalami kontraksi. Misalnya, luwak ramping umum (Herpestes sanguineus) dan serval (Leptailurus serval) keduanya memiliki 16% rentang risiko kontraksi. Sementara itu 70% untuk musang Mesir (Mustela subpalmata). Harris mengatakan temuan terpenting dari penelitian ini, yang menganalisis data tambahan yang sebelumnya tidak dinilai. Yaitu bahwa semua spesies yang diteliti memiliki beberapa bagian dari jangkauan mereka yang berisiko menyusut karena ancaman yang berkembang, dengan rata-rata 15% dari kisaran karnivora Afrika berada di kategori ‘mempertaruhkan nasib’.

"Ada minat yang berkembang untuk mengandalkan data geospasial demi membuat keputusan konservasi tetapi peta jangkauannya cacat," kata Harris. "Analisis kesenjangan tradisional tidak mempertimbangkan ancaman dan aset di seluruh rentang yang memengaruhi kegigihan populasi. Kami memperkenalkan pendekatan baru dengan menilai variabel yang berbeda ini."

Luwak ramping (kiri) dan serval (kanan) memiliki 16% rentang risiko kontraksi di dunia hewan habitat mereka. (Nyeema Harris)

Yang paling mengejutkan, katanya, adalah jumlah kontraksi dan variasi dalam rentang spesies yang dapat ditentukan oleh model tim. Studi tersebut melaporkan bahwa beberapa karnivora besar yang diklasifikasikan sebagai terancam punah oleh daftar Merah IUCN, termasuk serigala Ethiopia (Canis simensis) dan anjing liar Afrika (Lycaon pictus), masing-masing memiliki 33% dan 3% rentang risiko kontraksi.

"Kami bisa mendapatkan wawasan baru tentang spesies yang sebagian besar tidak diketahui atau dipelajari. Kami juga mengidentifikasi bahwa ada beberapa masalah konservasi karena mereka memiliki rentang yang sangat kecil yang terdiri dari lebih banyak ancaman daripada aset," kata Harris. "Model ini memberi kita pemahaman yang lebih luas dan pendekatan yang berbeda untuk mengantisipasi hilangnya keanekaragaman hayati. Terutama untuk spesies dengan informasi terbatas yang diklasifikasikan sebagai 'kekurangan data' oleh Daftar Merah IUCN, seperti Genet Ethiopia (Genetta abyssinica, mamalia mirip kucing) dan luwak Pousargues (Dologale dybowskii), juga dikenal sebagai luwak sabana tropis Afrika."

Afrika memiliki sepertiga spesies karnivora dunia yang bertahan di lanskap yang penuh dengan tekanan antropogenik dan lingkungan, serta keragaman biokultural yang kaya. Studi ini mengkaji kemungkinan aset untuk konservasi, seperti distribusi tanah adat dan keragaman budaya. Juga ancaman terhadap karnivora, seperti risiko kekeringan dan paparan urbanisasi atau pertanian.

   

Baca Juga: Dunia Hewan: Fosil Cacing Ini Nenek Moyang Tiga Filum Utama Hewan

Baca Juga: Dunia Hewan: Tak Semua Satwa Liar Pulih selama Kuncitara COVID-19