Get The Fest Tour: Perjalanan Ramah Bumi Berbahan Bakar Sampah Plastik

By National Geographic Indonesia, Senin, 3 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Kegiatan Tour dan Festival Musik Get The Fest merupakan kegiatan yang disuplai dari bahan bakar sampah plastik. Rangkaian Get The Fest Tour telah berakhir, tour ini memakan waktu selama 4 hari dengan total 3 kota yang sudah disinggahi oleh tim Get The Fest yaitu Kota Bogor, Madiun dan Denpasar. Adapun kebutuhan solar yang diperoleh dari mesin pirolisis ini telah mampu mengantarkan rombongan ke destinasi tujuan di Pulau Dewata, Bali. (Get The Fest Tour )

Nationalgeographic.co.id—Sekitar 24-34 juta metrik ton polusi plastik masuk ke lingkungan laut setiap tahunnya. Besaran itu setara 11 persen dari total sampah plastik di dunia. Peneliti mengungkapkan, keadaan mungkin akan semakin buruk dalam satu dekade mendatang. Diperkirakan jumlahnya akan meningkat hingga 53-90 juta ton pada 2030. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Science, bertajuk "Predicted growth in plastic waste exceeds efforts to mitigate plastic pollution".

Jika dunia ingin mengurangi polusi plastik hingga kurang dari tingkat ini, maka dibutuhkan peran global yang luar biasa: pengurangan 25-40 persen dalam produksi plastik di semua negara; meningkatkan jumlah pengumpulan dan pengelolaan sampah hingga setidaknya 60 persen di semua sektor ekonomi; dan pemulihan 40 persen emisi plastik tahunan melalui langkah pembersihan. Kita memerlukan upaya global yang terkoordinasi untuk mulai menangani masalah ini, meskipun tampaknya beberapa negara memerlukan lebih banyak fokus dan perhatian.

Kegiatan Tour dan Festival Musik Get The Fest merupakan kegiatan yang disuplai dari bahan bakar sampah plastik, kegiatan ini dapat berjalan karena dukungan dari Pertamina sebagai sponsor rangkaian Tour dan Festival, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali yang mendukung terselenggaranya festival di Bali, didukung oleh Antida Musik sebagai organizer festival dengan lokasi festival di Njana Tilem Museum yang kental akan sejarah dan kebudayaan Bali.

Drop Box (Get The Fest Tour )

Rangkaian Get The Fest Tour telah berakhir, tour ini memakan waktu selama 4 hari dengan total 3 kota yang sudah disinggahi oleh tim Get The Fest yaitu Kota Bogor, Madiun dan Denpasar. Adapun kebutuhan solar yang diperoleh dari mesin pirolisis ini telah mampu mengantarkan rombongan ke destinasi tujuan di Pulau Dewata, Bali.

Titik akhir perjalanan ramah lingkungan ini akan dilaksanakan di Bali dengan mengusung konsep Festival Musik dari Energi Sampah Plastik. Selama 24 jam festival ini akan dialiri solar dari hasil pengolahan sampah plastik. Total sekitar 420 liter solar digunakan untuk kegiatan puncak festival ini.

Puncak acara Get The Fest dibuka mulai dari jam 10.00 - 23.00 WITA dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya seperti workshop, talkshow, community gathering dan tentunya konser musik dari berbagai musisi mulai dari Bali-Jakarta.

   

Baca Juga: Seperti Pengemudi Ojek, Hari Ini Pemulung Sampah Punya Aplikasi

Baca Juga: Plastik dan Fosil Ayam Akan Menjadi Peninggalan Era Antroposen

Baca Juga: Mikroba dari Perut Sapi Bisa Bantu Daur Ulang Sampah Plastik