Indonesia Terdampak Efek Musim Dingin La Nina Terpanjang Tahun Ini

By Wawan Setiawan, Kamis, 6 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Di Pacific Northwest, musim dingin La Nina cenderung lebih dingin dan lebih basah daripada rata-rata. Dua musim dingin terakhir sesuai dengan deskripsi itu, termasuk hujan salju Februari 2021 di Taman Relawan Seattle. (Seattle Parks and Recreation/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Para peramal cuaca telah memprediksi "three-peat La Nina" tahun ini. Ini akan menjadi musim dingin ketiga berturut-turut di mana Samudra Pasifik mengalami siklus La Nina, sesuatu yang hanya terjadi dua kali sebelumnya dalam catatan sejak 1950.

Sementara itu, penelitian baru yang dipimpin oleh University of Washington (UW) menawarkan penjelasan yang mungkin. Mereka menjelaskan bahwa perubahan iklim, dalam jangka pendek telah mendukung La Nina. Hasil studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters pada 31 Agustus. Makalah tersebut diberi judul Systematic Climate Model Biases in the Large‐Scale Patterns of Recent Sea‐Surface Temperature and Sea‐Level Pressure Change.

“Samudra Pasifik secara alami berputar antara kondisi El Nino dan La Nina, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa perubahan iklim saat ini dapat membebani dadu menuju La Nina,” kata penulis utama Robert Jnglin Wills, seorang ilmuwan penelitian UW dalam ilmu atmosfer. "Pada titik tertentu, kami memperkirakan pengaruh antropogenik, atau yang disebabkan manusia, untuk membalikkan tren ini dan memberikan El Nino di atas angin."

Para ilmuwan berharap dapat memprediksi arah tren iklim seperti El Nino atau La Nina jangka panjang ini untuk melindungi kehidupan dan properti manusia.

"Ini adalah pertanyaan penting selama abad berikutnya untuk wilayah yang sangat dipengaruhi oleh El Nino, yang meliputi Amerika Utara bagian barat, Amerika Selatan, Asia Timur dan Tenggara, serta Australia," kata Wills.

Peristiwa El Nino dan La Nina memiliki dampak yang luas. Ini memengaruhi pola curah hujan, banjir dan kekeringan di sekitar Lingkar Pasifik. Musim dingin La Nina cenderung lebih dingin dan lebih basah di Pasifik Barat Laut serta lebih panas dan lebih kering di Barat Daya AS. Efek di seluruh dunia lainnya termasuk kondisi kering di Afrika Timur, dan cuaca hujan di Australia, Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Mengetahui apa yang diharapkan di masa depan dapat membantu masyarakat mempersiapkan cuaca potensial di musim mendatang dan di tahun-tahun mendatang.

Pengamatan suhu permukaan laut dari 1979 hingga 2020 menunjukkan bahwa permukaan Samudra Pasifik telah mendingin dari Amerika Selatan dan menghangat di Asia. Pola regional ini berlawanan dengan apa yang diharapkan dalam jangka panjang dengan pemanasan global. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dalam jangka pendek, perubahan iklim dapat mendukung La Nina, meskipun masih diperkirakan akan mendukung El Nino dalam jangka panjang. (Wills et al./Geophysical Research Letters)

Pemanasan global secara luas diperkirakan akan mendukung El Nino. Alasannya adalah bahwa air dingin dan dalam yang naik ke permukaan laut di Amerika Selatan akan bertemu dengan udara yang lebih hangat. Siapa pun yang berkeringat tahu bahwa penguapan memiliki efek pendinginan. Sehingga lautan yang lebih dingin di Amerika Selatan, yang memiliki penguapan lebih sedikit akan lebih cepat panas daripada lautan yang lebih hangat di Asia. Hal ini mengurangi perbedaan suhu di Pasifik tropis dan meringankan angin permukaan yang bertiup ke arah Indonesia, sama seperti yang terjadi selama El Nino. Catatan iklim masa lalu mengonfirmasi bahwa iklim lebih mirip El Nino selama periode yang lebih hangat.

Tapi sementara atmosfer bumi telah menghangat dalam beberapa dekade terakhir, studi baru menunjukkan tren yang mengejutkan di lautan tropis. Para penulis melihat suhu di permukaan laut yang dicatat oleh pengukuran berbasis kapal dan pelampung laut dari 1979 hingga 2000. Samudra Pasifik di Amerika Selatan sebenarnya telah sedikit mendingin, bersama dengan wilayah laut lebih jauh ke selatan. Sementara itu, Samudra Pasifik bagian barat dan Samudra Hindia bagian timur di dekatnya telah lebih panas daripada di tempat lain.

Kedua fenomena tersebut tidak dapat dijelaskan oleh siklus alam yang disimulasikan oleh model iklim. Ini menunjukkan bahwa beberapa proses yang hilang dalam model saat ini dapat bertanggung jawab. Hasil dari perubahan ini di kedua sisi Pasifik tropis adalah bahwa perbedaan suhu antara Pasifik timur dan barat telah meningkat. Angin permukaan yang bertiup ke arah Indonesia telah menguat. Orang-orang akan mengalami kondisi khas musim dingin La Nina.

Studi ini berfokus pada pola suhu di permukaan laut. Data tiga puluh tahun terlalu singkat untuk mempelajari frekuensi kejadian El Nino dan La Nina.