Circe, Dewi Sihir Mitologi Yunani Bisa Mengubah Manusia Jadi Binatang

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 9 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Lukisan Circe tahun 1889 oleh Wright Barker. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id - Circe adalah karakter kompleks dalam mitologi Yunani. Ia merupakan dewi sihir, dan bahkan hari ini terus menjadi salah satu dewa paling memesona dan mematikan dari jajaran Yunani, meskipun memainkan peran kecil dalam banyak legenda dari rumahnya di pulau mitos, Aeaea.

Silsilah Circe dalam Mitologi Yunani

Dalam sebagian besar teks, Circe mitologis digambarkan sebagai putri Helios, Titan of the Sun, dan Perse the Oceanid. Dalam mitologi Yunani, Circe digambarkan memiliki beberapa saudara kandung, termasuk Pasiphae, dikenang karena telah menikahi Raja Minos dan melahirkan Minotaur yang terkenal. Aeetes, yang dikenal sebagai penjaga Bulu Emas, dikatakan sebagai kakaknya. Namun, beberapa teks kuno menunjukkan bahwa dia sebenarnya adalah putri dewi Hecate yang kuat.

Circe telah muncul di banyak teks Yunani kuno yang paling terkenal sepanjang sejarah, seperti The Odyssey oleh Homer, The Theogony oleh Hesiod, Description of Greece oleh Pausanias, Geography oleh Strabo, dan The Library of History oleh Diodorus Siculus. Dia juga disebutkan oleh penulis Romawi terkenal seperti Virgil, Cicero, Ovid, Hyginus, Valerius Flaccus, Statius, dan Propertius.

Pelindung Penyihir dan Pesona Mitologi Yunani: Keajaiban Circe

Sejak awal umat manusia, orang telah mencari solusi melalui praktik magis dan sihir. Oleh karena itu, Circe (atau Kirke) menjadi salah satu wanita paling magnetis di Yunani kuno. Pelindung bagi penyihir, kepribadian dan atribut Circe dalam mitologi Yunani mencakup semua ide kunci yang terkait dengan sihir.

Dewi Circe dikenang karena pengetahuannya yang luas tentang ramuan ajaib. Sebagai spesialis herbal dan pengetahuan tentang cara menggunakannya untuk sihir dan penyembuhan, dia menciptakan banyak resep ramuan kuno untuk digunakan dalam ritual sihir. Untuk itu, Circe sering digambarkan dengan tongkat dalam karya seni.

Circe juga dikenal sebagai penyihir pendendam dan mitos Yunani kuno dipenuhi dengan kisah tentang kekuatan dan cara liciknya. Dalam salah satu cerita Circe, dewi Yunani jatuh cinta pada Galucus, dewa laut. Namun, cintanya tidak berbalas karena Glaucus terpikat dengan Scylla sang nimfa.

Dalam adegan tak terlupakan yang terkenal dalam lukisan karya John William Waterhouse, Circe dewi sihir meracuni air di mana Scylla akan mandi dalam kecemburuan, mengubah nimfa menjadi monster yang mengerikan, dengan kepala anjing tumbuh dari pinggangnya.

Selain itu, salah satu kemampuan mengejutkan lainnya adalah mengubah musuh menjadi binatang. Dalam karya seni, dia sering digambarkan melakukannya dengan bantuan tongkat ajaib. Kemampuan magisnya untuk bermetamorfosis diceritakan dalam kisah tragis Romawi Picus. Raja Latium dan suami yang penuh kasih dari seorang nimfa yang dikenal sebagai Canens, Picus berubah menjadi burung pelatuk ketika dia menolak Circe demi istrinya.

Circe in the Odyssey: Kekuatan untuk Mengubah Manusia menjadi Babi

Kisah Circe yang paling terkenal dalam mitologi Yunani tercatat dalam Odyssey abad ke-8 karya Homer. Dalam puisi epik ini, Circe sang dewi digambarkan memiliki rambut yang dikepang dan kekuatan aneh yang dikelilingi oleh serigala dan singa jinak. Dalam kisah ini, Odysseus mengunjungi Circe di pulau Aeaea saat ia mencoba untuk pulang dari Perang Troya. Ketika setengah dari pasukannya turun untuk menjelajahi pulau, mereka dibujuk ke rumah Circe.