'Baboe' Layaknya Ibu Peri bagi Anak-anak Eropa di Hindia Belanda

By Galih Pranata, Senin, 10 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Baboe Engko dengan anak-anaknya: Bertha Kerkhoven dan Karel Kerkhoven, sekitar tahun 1900. Perusahaan teh Gamboeng, terletak di lereng barat Goenoeng Tilu, Preanger, Jawa Barat.
Baboe Engko dengan anak-anaknya: Bertha Kerkhoven dan Karel Kerkhoven, sekitar tahun 1900. Perusahaan teh Gamboeng, terletak di lereng barat Goenoeng Tilu, Preanger, Jawa Barat. (Collectie Indisch Thee/Familie-Archief van der Hucht)

Nationalgeographic.co.id—Lagu Ngudang Bayi yang pernah dimunculkan dalam buku karya Susanto Budi berjudul Penghibur(an): Masa Lalu dan Budaya Hidup Masa Kini Indonesia (2005), menarik perhatian. Pasalnya, lagu tersebut diperkirakan menggambarkan situasi seorang pribumi yang sedang menimang bayi berkulit merah. Liriknya ditulis dalam bahasa Jawa:

Tak lelo lelo lelo legung....Ojo nangis ndak nang ati bingung (Jangan menangis, nanti hati bingung)Tak emban tak junjung tak srogake (Diembandandijunjung, dimuliakan)Bayi abang nduk anake sopo (Bayi "berkulit" merah, putri siapa)

Siska Nurazizah Lestari dan Indra Fibiona menafsirkannya dalam jurnal Jantra berjudul Pengasuhan Anak Eropa Oleh Wanita Pribumi (Baboe) Di Hindia Belanda Abad XIX-Awal Abad XX terbitan 2016.

Liriknya memberi gambaran bahwa "anak-anak Eropa (noni dan sinyo) sangat dimuliakan. Para baboe menjunjung tinggi kehormatan bayi abang (berkulit merah) yang merupakan afiliasi keturunan dari keluarga Eropa," tulis Siska dan Indra.

Mereka adalah baboe atau Kindermeid, wanita-wanita pribumi yang meniti hidupnya sebagai pelayan bagi keluarga elit Eropa di zaman Hindia Belanda. Baboe hidup membersamai tumbuh kembangnya anak-anak Eropa.

Kehidupan rumah tangga Eropa yang penuh dengan paradoks, memberi perannya di tengah keluarga Eropa di Hindia Belanda. "Baboe (pengasuh) berperan untuk memenuhi kebutuhan psikologis anak (Eropa) tanpa menjadi ibunya," terusnya.

Pekerjaan baboe sangat padat, mulai dari mempersiapkan waktu bagi sinyo dan noni bangun pagi, memandikan mereka, kemudian mempersiapkan mereka untuk berangkat ke sekolah hingga mereka pulang kembali ke rumah.

Potret baboe yang mengasuk dua anak sinyo dan nonik Eropa. (KITLV)

Siska dan Indra menuliskan dalam jurnalnya bahwa "pengasuhan baboe kepada noni ataupun sinyo dilakukan tidak hanya diwaktu pagi hingga sore saja, melainkan hampir 24 jam selama sehari."

Baboe tumbuh lebih dekat dengan sinyo atau noni-nya. Di malam hari, baboe biasanya mendongeng agar sinyo dan noni bisa tidur. Selain itu, baboe juga sering menyanyikan lagu dengan melodi yang sedih.

Setelah sinyo dan noni tertidur, ia tidur berbaring di lantai beralaskan tikar. Bagi anak-anak eropa, baboe dianggap memiliki hati yang lembut seperti ibu perimakhluk mitologi dalam cerita Jawa.

Walau terlihat dekat, baboe memiliki kendala tersendiri dalam perannya. Keterbatasan kapasitas dalam berbahasa Belanda menyebabkan mereka lebih banyak menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan tuannya.