Ilmuwan Amati Perubahan Musiman dalam Pergerakan Lapisan Es Antarktika

By Wawan Setiawan, Minggu, 9 Oktober 2022 | 13:39 WIB
Gletser Riley, Palmer Land, Antarktika. (Ian Willis)

Nationalgeographic.co.id - Beberapa perkiraan kontribusi total Antarktika terhadap kenaikan permukaan laut mungkin berlebihan atau diremehkan. Ini setelah para peneliti mendeteksi sumber variabilitas hilangnya es yang sebelumnya tidak diketahui.

Para peneliti, dari University of Cambridge dan perusahaan teknik Austria ENVEO, mengidentifikasi pergerakan musiman yang berbeda dalam aliran es darat yang mengalir ke Lapisan Es George VI—platform es mengambang kira-kira seukuran Wales—di Semenanjung Antarktika.

Menggunakan citra dari satelit Copernicus/European Space Agency Sentinel-1, para peneliti menemukan bahwa gletser yang memberi makan lapisan es meningkat sekitar 15% selama musim panas Antarktika. Ini adalah pertama kalinya siklus musiman seperti itu terdeteksi di es darat yang mengalir ke lapisan es di Antartika. Hasilnya telah dilaporkan dalam jurnal The Cryosphere pada 6 Oktober dengan judul "Seasonal land-ice-flow variability in the Antarctic Peninsula."

Meskipun bukan hal yang aneh jika aliran es di wilayah Arktika dan Alpin meningkat selama musim panas. Namun, para ilmuwan sebelumnya berasumsi bahwa es di Antarktika tidak mengalami pergerakan musiman yang sama. Terutama di tempat yang mengalir ke lapisan es besar dan di mana suhu di bawah titik beku untuk sebagian besar tahun.

Gletser Conchie, Hubert, Saturnus, Venus, dan Uranus mengalir ke Lapisan Es George VI yang dipenuhi air lelehan. (Copernicus/European Space Agency/Karla Boxall)

Asumsi ini juga, sebagian, didorong oleh kurangnya citra yang dikumpulkan di atas benua es di masa lalu. "Tidak seperti Lapisan Es Greenland, di mana jumlah data yang tinggi memungkinkan kami memahami bagaimana es bergerak dari musim ke musim dan tahun ke tahun. Kami belum memiliki cakupan data yang sebanding untuk mencari perubahan seperti itu di Antarktika hingga saat ini," kata Karla Boxall dari Scott Polar Research Institute (SPRI) Cambridge, penulis pertama studi tersebut.

"Pengamatan perubahan kecepatan es di Semenanjung Antarktika biasanya telah diukur selama bertahun-tahun berturut-turut. Jadi kami telah kehilangan banyak detail yang lebih baik tentang bagaimana aliran bervariasi dari bulan ke bulan sepanjang tahun," kata rekan penulis Dr. Frazer Christie, juga dari SPRI.

Sebelum catatan rinci tentang kecepatan es yang dimungkinkan oleh satelit Sentinel-1, para ilmuwan yang ingin mempelajari variasi jangka pendek dalam aliran es di Antarktika harus mengandalkan informasi yang dikumpulkan oleh satelit optik seperti Landsat 8 NASA.

"Pengukuran optik hanya dapat mengamati permukaan bumi pada hari-hari bebas awan selama bulan-bulan musim panas," kata rekan penulis Dr. Thomas Nagler, CEO ENVEO. "Tetapi dengan menggunakan citra radar Sentinel-1, kami dapat menemukan perubahan aliran es musiman berkat kemampuan satelit ini untuk memantau sepanjang tahun dan dalam kondisi segala cuaca."

Kecepatan aliran es di Palmer Land, Alexander Island dan George VI Ice Shelf, Semenanjung Antarktika, berasal dari citra Sentinel-1 SAR. (Copernicus/ESA & AIS_CCI Programme/Karla Boxall)

Saat ini, penyebab perubahan musim ini tidak pasti. Ini bisa disebabkan oleh air lelehan permukaan yang mencapai dasar es dan bertindak seperti pelumas, seperti yang terjadi di wilayah Arktika dan Alpin. Atau bisa juga karena air laut yang relatif hangat mencairkan es dari bawah, menipiskan es yang mengambang dan memungkinkan gletser hulu bergerak lebih cepat.

"Siklus musiman ini bisa disebabkan oleh salah satu mekanisme, atau campuran keduanya," kata Christie. "Pengukuran laut dan permukaan yang terperinci akan diperlukan untuk memahami sepenuhnya mengapa perubahan musiman ini terjadi."