Kenapa Harimau Berwarna Oranye? Ternyata Bertujuan Untuk Hal Ini

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 9 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Seekor harimau sumatra saat dilepasliarkan ke habitatnya di salah satu kawasan konservasi. (Dwi Oblo/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Warna dan pola hewan memiliki banyak tujuan yang berbeda. Misalnya, untuk membantu mereka menonjol di mata pasangannya atau bahkan untuk memperingatkan pemangsa bahwa mereka beracun. Tetapi untuk predator penyergap seperti harimau, kemampuan untuk tetap tidak terlihat oleh mangsanya menentukan apakah mereka akan makan malam atau kelaparan. Jadi, dari semua warna yang ada, mengapa harimau berwarna oranye?

Bagi manusia, oranye adalah warna yang digunakan untuk barang-barang yang harus sangat terlihat, seperti kerucut lalu lintas dan rompi keselamatan. Di mata kita, oranye menonjol di sebagian besar lingkungan, yang membuat harimau relatif mudah dikenali.

Namun itu karena kami memiliki apa yang disebut penglihatan warna trikromatik. Ketika cahaya dari dunia luar memasuki mata, ia mengenai lapisan tipis di bagian belakang yang disebut retina. Retina memproses cahaya itu menggunakan dua jenis reseptor cahaya: batang dan kerucut.

Batang hanya merasakan perbedaan dalam terang dan gelap, bukan warna, dan sebagian besar digunakan dalam cahaya redup. Kerucut adalah apa yang kita gunakan untuk persepsi warna, dan kebanyakan manusia memiliki tiga jenis: kerucut untuk biru, hijau, dan merah. Itulah mengapa penglihatan kita disebut trikromatik: Kita dapat melihat tiga warna primer dan kombinasi warna-warninya. Kami berbagi gaya penglihatan ini dengan kera dan beberapa monyet.

Akan tetapi sebagian besar mamalia darat termasuk anjing, kucing, kuda, dan rusa memiliki penglihatan warna dikromatik. Itu berarti retina mereka mengandung kerucut hanya untuk dua warna: biru dan hijau. Manusia yang mendapatkan informasi hanya dari kerucut biru dan hijau mereka dianggap buta warna, dan tidak dapat membedakan antara warna merah dan hijau. Hal yang sama mungkin berlaku untuk hewan dikromatik.

Mamalia darat seperti rusa adalah mangsa utama harimau, dan penglihatan dikromatik berarti mereka tidak melihat pemangsa sebagai oranye, tetapi melihatnya sebagai warna hijau. Itu membuat harimau lebih sulit dikenali karena berkeliaran di balik semak-semak atau berjongkok di rerumputan.

Meskipun harimau hijau mungkin akan lebih sulit dikenali, terutama oleh kita trichromats, evolusi tidak bekerja dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bulu hijau.

"Pada dasarnya, lebih mudah untuk menghasilkan cokelat dan jeruk karena struktur biomolekuler dari susunan hewan daripada menghasilkan hijau,” kata John Fennell, dosen penginderaan hewan dan biometrik di Bristol Veterinary School di Inggris seperti dikutip Live Science.

"Faktanya, satu-satunya mamalia hijau yang bisa dikenali adalah alga dan bulunya sebenarnya tidak hijau. Sejauh yang saya ketahui, tidak ada hewan berbulu hijau," sambungnya.

Fennell telah menggunakan kecerdasan buatan untuk menentukan warna ideal dan pola ideal untuk bersembunyi di berbagai lingkungan. Pada tahun 2018, studinya didemonstrasikan di program BBC One 'Hewan Berperilaku Buruk'.

 Baca Juga: Fenomena Liger, Hasil Perkawinan Silang Antara Singa Dengan Harimau

 Baca Juga: Melihat Harimau Berkantung Terakhir Sebelum Dinyatakan Punah