Mengapa Bibir Manusia Bisa Berwarna Merah? Begini Penjelasannya

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 10 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Bibir mendapatkan warnanya dari kapiler berisi darah di dekat permukaan kulit. ( Rodolfo Clix)

 

Nationalgeographic.co.id—Bibir merupakan jaringan lunak yang melindungi mulut. Bibir sangat penting digunakan untuk membantu kita menyedot dengan mekanisme sempurna. Tanpa bibir, kita tidak bisa makan, bernapas dan berbicara.

Tetapi, apakah Anda pernah berhenti untuk mempertimbangkan bahwa jika bibir Anda tidak bertindak seperti bagian lain dari tubuh Anda? Mengapa mereka begitu merah, sangat sensitif dan mengapa manusia mempunyai bibir, ketika makhluk lain burung dan kura-kura, misalnya baik-baik saja tanpa bibir?

"Bibir sangat sensitif karena mengandung sekitar 1 juta ujung saraf, itulah sebabnya mereka sangat terpengaruh oleh sentuhan, dan perubahan suhu dan tingkat kelembaban," kata Noël Cameron, profesor biologi manusia di Universitas Loughborough di Inggris, kepada Live Science.

"Kulit bibir membentuk perbatasan antara kulit luar wajah, dan selaput lendir bagian dalam mulut," kata Cameron. "Selaput lendir diwakili oleh area yang luas di korteks sensorik otak dan karena itu sangat sensitif," sambungnya.

Bibir mampu melakukan gerakan otot yang halus dan kasar. Kapasitas untuk gerakan halus dan tepat ini disediakan oleh lima otot untuk elevasi bibir (gerakan ke atas) dan empat untuk depresi bibir (gerakan ke bawah). Hal ini memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan cara yang kita lakukan.

“Bibir sangat penting untuk suara konsonan bilabial dan labiodental, serta pembulatan vokal," kata Cameron.

Suara bilabial hanya dapat dibuat melalui penggunaan kedua bibir (huruf 'p' dalam piknik, misalnya), sedangkan suara labiodental mengharuskan penggunaan bibir dan gigi (huruf 'f' dalam fruktosa). Tapi mengapa bibir terlihat seperti itu? Mengapa warnanya begitu merah, meskipun tergantung pada etnis, warna bibir dapat berkisar dari merah muda kemerahan hingga cokelat, terutama jika dibandingkan dengan bagian wajah lainnya?

Bibir mendapatkan warnanya dari kapiler berisi darah di dekat permukaan kulit. (Klaus Vedfelt )

Kulit bibir mempunyai tiga hingga lima lapisan seluler, sangat tipis dibandingkan kulit wajah pada umumnya yang memiliki hingga 16 lapisan. "Dengan warna kulit terang, kulit bibir mengandung lebih sedikit melanosit atau sel yang menghasilkan pigmen melanin, yang memberi warna pada kulit. Karena itu, pembuluh darah muncul melalui kulit bibir, yang menyebabkan warna merah yang mencolok," sambungnya.

Dengan warna kulit yang lebih gelap, efeknya kurang menonjol karena kulit bibir mengandung lebih banyak melanin sehingga secara visual lebih gelap. Ada juga perbedaan lain antara bibir dan bagian lain dari wajah manusia.

“Kulit bibir sangat tipis, tidak berbulu, dan tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh karena itu, relatif rapuh, kering saat disentuh, dan mudah pecah," terang Cameron.